Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengapresiasi peningkatan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) di dalam perubahan APBD Belitung Tahun Anggaran (TA) 2024.

"Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Belitung mengapresiasi peningkatan target PAD di perubahan APBD Belitung TA 2024," kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Belitung, Vina Cristyn Ferani di Tanjung Pandan, Senin.

Hal ini disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Belitung dengan agenda Pandangan Umum Fraksi-fraksi di DPRD Belitung terhadap Raperda Perubahan APBD Belitung Tahun 2024.

Menurut dia, target PAD Kabupaten Belitung di dalam perubahan APBD 2024 diproyeksikan sebesar Rp154,74 miliar meningkat dari target sebelumnya hanya sebesar Rp151,46 miliar.

Ia mengatakan, peningkatan PAD di perubahan APBD 2024 ini merupakan langkah positif yang mencerminkan penguatan kapasitas keuangan daerah dan peluang untuk meningkatkan kualitas layanan publik kepada masyarakat.

"Dengan adanya peningkatan PAD ini diharapkan akan tersedia lebih banyak dana untuk investasi dalam proyek-proyek infrastruktur serta program-program prioritas yang pada gilirannya akan mendukung kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Vina menambahkan, peningkatan ini juga menggambarkan keberhasilan dalam pengelolaan keuangan daerah dan upaya optimalisasi sumber daya lokal yang berpotensi untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi dan keberlanjutan pembangunan daerah secara menyeluruh.

Selanjutnya, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Belitung menekankan pentingnya prioritas terhadap pokok-pokok pikiran DPRD dalam proses perencanaan dan pengadaan. 

"Kami yakin bahwa memasukkan usulan-usulan tersebut secara menyeluruh akan meningkatkan relevansi perencanaan dan penganggaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat," katanya.

Disampaikan, fokus Fraksi PDI Perjuangan DPRD Belitung adalah memastikan bahwa program-program yang dirancang dapat mengatasi tantangan yang ada dan memenuhi kebutuhan masyarakat secara efektif.

"Kami sangat berharap agar pokok-pokok pikiran ini mendapatkan prioritas lebih dalam proses tersebut, mengingat pentingnya aspirasi masyarakat yang harus diutamakan agar setiap kebijakan dan alokasi anggaran benar-benar mencerminkan kebutuhan dan harapan masyarakat," ujarnya.

Sebagai catatan, kata Vina, fraksi PDIP Perjuangan berharap untuk terus mengawal dan memastikan bahwa aktualisasi dan penggunaan anggaran harus menitikberatkan kepada pembangunan infrastruktur peningkatan pelayanan sumber daya manusia dan hal-hal yang menjadi skala prioritas.

"Sehingga sesuai dengan aspirasi dan keinginan masyarakat Kabupaten Belitung," katanya. 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024