Komando Distrik Militer 0431/Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan siap mendukung upaya pengamanan pelaksanaan Pilkada 2024.

"Pelaksanaan apel gelar pasukan yang digelar hari ini di lapangan Makodim 0431/BB ini merupakan salah satu bentuk kesiapan kita mendukung pengamanan seluruh rangkaian tahapan pilkada yang sudah berlangsung," kata Komandan Kodim 0431/BB Letkol Inf. Kemas Muhammad Nauval di Mentok, Senin.

Ia mengatakan apel tersebut digelar untuk memastikan kesiapan materiil dan personel yang akan dilibatkan dalam membantu penyelenggara pemilu dan pemerintah daerah agar bisa bersama-sama menyukseskan Pilkada 2024 di Kabupaten Bangka Barat.

Ia juga memastikan seluruh anggota Kodim 0431/BB bersikap netral dalam pesta demokrasi yang proses pemungutan suara akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

"Komitmen kami sama seperti saat Pemilu 14 Februari 2024, kami akan netral dan mendukung pelaksanaan pilkada secara profesional. Sesuai dengan personel yang ada kami maksimalkan, sebanyak 100 orang, termasuk Babinsa," katanya. 

Dengan memastikan keamanan terjaga kondusif, TNI tidak sekadar mendukung pengamanan pesta demokrasi, tetapi juga memastikan setiap warga bisa menyalurkan hak pilih dengan aman dan nyaman.

"Ini bentuk komitmen kita menjaga wilayah Bangka Barat aman, tertib dan nyaman, kita juga bekerja sama dengan aparat penegak hukum lain," ujarnya. 

Ia meminta masyarakat Bangka Barat untuk menjaga persatuan dan kesatuan selama pelaksanaan seluruh tahapan pilkada agar tidak terjadi hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri dan orang banyak.

"Perbedaan itu biasa, jadi masyarakat jangan sampai terprovokasi hanya karena perbedaan warna dan jenis pakaian yang digunakan," katanya.

Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming mengapresiasi kesiapan dan komitmen yang ditunjukkan oleh personel Kodim 0431/BB dalam membantu pelaksanaan pilkada agar berjalan sesuai aturan dan kondusif. 

"Ini bentuk gerakan yang bagus, kita ingin menunjukkan kebersamaan sehingga terwujud pilkada yang aman, bersih dan kondusif. Kita harus bisa bersama-sama menjaga kerukunan masyarakat di Bangka Barat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024