Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar kejuaraan antar kampung (tarkam) untuk menyehatkan masyarakat dan mencari bibit atlet muda berbakat yang dapat dibina menjadi atlet yang berprestasi.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bangka Selatan Firmansyah di Toboali Selasa mengatakan, kejuaraan antar kampung ini merupakan agenda dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia.

"Pada kejuaraan tarkam ini, kita akan menggelar empat cabang olahraga yakni lari, bulutangkis, tenis meja dan senam," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 20 sampai 22 September 2024 yang dipusatkan di Basel Sport Center.

"Untuk pendaftaran sudah mulai dibuka pada tanggal 1 sampai dengan 18 September 2024 secara online," ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan yang mengusung tema Transformasi Menuju Kesejahteraan Indonesia bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam berolahraga.

"Melalui kegiatan diharapkan dapat menjadikan masyarakat lebih sehat dan bugar serta menggali potensi bibit-bibit atlet berprestasi," ujarnya.

Firman menjelaskan, terkait dengan lomba lari atau fun run akan dilaksanakan pada tanggal 22 September 2024 dengan rute dari Simpang Nanas menuju Sport Center Basel. 

"Untuk Fun Run ini kita akan menyiapkan hadiah berupa uang pembinaan bagi para juara. Sedangkan untuk 100 orang finish pertama akan mendapatkan medali," ujarnya.

Ia mengajak masyarakat Bangka Selatan untuk hadir mengikuti dan meramaikan serta berpartisipasi dalam kejuaraan antar kampung Kemenpora tahun 2024.

"Mari kita ramaikan dan meriahkan kejuaraan antar kampung Kemenpora ini dengan mengikuti cabang olahraga yang akan dipertandingkan," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024