Sebanyak 74 pelaku UMKM di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meramaikan kegiatan Festival Pangkallalang yang berlangsung mulai 4-8 September mendatang.

Lurah Pangkal Lalang, Ratu Alpioni Tirta di Tanjungpandan, Rabu mengatakan sebagian besar pelaku UMKM peserta Festival Pangkallalang merupakan masyarakat setempat, sedangkan sisanya dari luar Kelurahan Pangkallalang.

"Sebagian besar peserta Festival Pangkallalang ini adalah warga Pangkal Lalang dan 10 persen lainnya dari luar," katanya.

Ia mengatakan, Festival Pangkallalang merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahunnya

"Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya dan pada tahun 2024 ini kami mengangkat tema "Begalor Nyambong Sedare".

Ratu menambahkan, tujuan digelarnya Festival Pangkallalang adalah agar masyarakat mampu menggali, mengenal, dan memahami nilai budaya dan gerakan ekonomi masyarakat Pangkallalang.

Ia menjelaskan, Kelurahan Pangkallalang merupakan kelurahan dengan jumlah pendukung terbesar di Kecamatan Tanjung Pandan.

"Pangkallalang ini merupakan entitas daerah yang warganya beragam etnis sehingga kaya akan budaya lokal dan kerukunan serta keharmonisan masyarakat yang selalu terjaga," ujarnya. 

Dirinya berharap, kegiatan Festival Pangkallalang dapat berjalan lancar dan bermanfaat salah satunya adalah meningkatkan pendapatan pelaku UMKM setempat.

"Semoga pula dengan Festival Pangkallalang ini dapat melestarikan adat dan budaya Melayu di Belitung," katanya. 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024