Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) kembali mencatatkan prestasi gemilang di kancah nasional dengan berhasil membawa pulang dua penghargaan bergengsi dalam ajang LLDikti II Awards, yakni Peringkat 1 Pendanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, serta Peringkat 3 dalam Kemitraan Perguruan Tinggi tingkat Universitas.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Kepala LLDIKTI Wilayah II, Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M.Sc., kepada Rektor Unmuh Babel, Ir. Fadillah Sabri, S.T., M.Eng., IPM., dalam acara resmi Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Hotel Novotel Lampung.  

Rektor Unmuh Babel mengungkapkan kebanggaannya karena universitas ini menjadi satu-satunya perwakilan dari Bangka Belitung yang diundang untuk memamerkan hasil implementasi kegiatan MBKM dari 11 kampus se-Sumatera bagian selatan yang turut berpartisipasi Ia juga memberikan selamat kepada Fitri Apriani, M.Pd., dosen Unmuh Babel, yang terpilih dan dilantik sebagai Fasilitator LLDIKTI Wilayah II.

Fadillah turut menceritakan perjuangan delegasi Unmuh Babel yang melakukan perjalanan dari Bangka menuju Lampung dengan penuh semangat. "Dari Bangka menuju Lampung dengan mengendarai mobil dengan semangat berpartisipasi dan menunjukkan bahwa Unmuh Babel selalu hadir untuk menjadi yang terbaik", kata Fadillah dalam rilisnya kepada media di Pangkalpinang, Senin.

Dalam Rapat Kerja Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta LLDIKTI Wilayah II yang mengusung tema "Kolaborasi dan Inovasi untuk Meningkatkan Mutu dan Daya Saing Global". Menurut Fadillah tema ini menarik bagaimana menguatkan kolaborasi menadi hal yang penting, dan sudah dijalankan baik secara internal maupun eksternal, apalagi bermitra dengan berbagai pihak.

Ia juga menekankan pentingnya inovasi. "Inovasi harus terus digalakkan agar kita tidak tertinggal, terutama dalam aspek kurikulum dan pengembangan keterampilan lulusan. Dengan digitalisasi, kita dapat mengurangi biaya operasional, termasuk dalam penggunaan kertas," tambahnya.

Fadillah juga menjelaskan bahwa Unmuh Babel telah memberikan rekomendasi terkait rapat kerja yang lebih efisien dan efektif, yang diapresiasi oleh Kepala LLDIKTI Wilayah II. 

Penutupan rapat kerja semakin berkesan dengan raihan dua penghargaan bagi Unmuh Babel. Peringkat 1 pendanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta peringkat 3 kemitraan perguruan tinggi menunjukkan bahwa Unmuh Babel terus berprestasi. 

Fadillah juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen dan tim KUIK yang telah bekerja keras dan sangat bangga dengan capaian peringkat pertama di bidang pendanaan penelitian, yang artinya Unmuh Babel menerima hibah penelitian terbanyak di wilayah II. 

"Saya bersyukur dan mengapresiasi dosen-dosen kita agar terus melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Saya berharap tahun depan ada peningkatan lagi kategorinya terutama di MBKM," ungkap Fadillah.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unmuh Babel, Nurjanah turut menyampaikan rasa bangganya.

"Unmuh Babel Tahun ini kembali mendapat penghargaan dari LLDIKTI peringkat 1 pendanaan penelitian, tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi Unmuh Babel dan LPPM sebagai Lembaga Penelitian pengabdian, dan tentunya apresiasi setinggi tingginya kepada Seluruh Dosen Unmuh Babel, semoga menambah pacuan semangat untuk meningkatkan kualitan penelitian maupun pengabdian", pungkas Nurjanah.

Dengan raihan ini, Unmuh Babel membuktikan komitmennya untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dalam menciptakan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat, sekaligus meningkatkan daya saing di tingkat nasional.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024