Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka mengembangkan program layanan paket internet murah guna membantu meningkatkan kualitas sumber daya anak nelayan.

"Program layanan paket internet murah bekerjasama dengan salah satu Provider internet," kata Ketua HNSI Kabupaten Bangka, Ridwan di Sungailiat, Senin.

Program memfasilitasi layanan paket internet murah kata dia, sebagai bentuk komitmen HNSI Bangka dalam mendorong peningkatan kualitas sumber daya generasi nelayan.

"Kita menginginkan generasi atau anak-anak nelayan tumbuh dan berkembang dengan cerdas, mampu mengikuti perkembangan cakrawala yang terus meningkat," kata Ridwan.

Harga paket internet murah yang ditawarkan mulai dari 110 ribu per bulan dengan kapasitas 12 megabit per second (Mbps) sampai dengan 30 Mbps semuanya free biaya pemasangan  hanya dikenakan langsung biaya per bulan.

Ridwan mengatakan, kapasitas yang terbilang cukup besar dan murah tentu membantu masyarakat nelayan untuk mengakses berbagai informasi yang bermanfaat.

"Teknologi informasi yang berkembang pesat, menuntut masyarakat dapat beradaptasi dengan perkembangan moderen," ujarnya.

Hanya saja dia mengingatkan, masyarakat nelayan yang memasang jaringan internet hendaknya digunakan untuk kepentingan yang positif seperti pendidikan, informasi pengolahan sumber daya perikanan sehingga mendukung meningkatkan perekonomian.

"Kami telah mempersiapkan berbagai program inovasi untuk kepentingan kesejahteraan nelayan seperti, program "Bakul" nelayan dan dan program Kota Cerdas Smart City nelayan

Menurut salah satu istri nelayan Sungailiat, Shinta mengaku terbantu program paket internet murah yang difasilitasi HNSI Bangka.

"Kami cukup terbantu dan memudahkan bagi anak-anak mengakses informasi untuk pendidikan, harga yang relatif murah tentu mengurangi beban keluarga dibanding pembelian paket reguler dari operator," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024