Kontingen Bangka Belitung kembali menambah koleksi medali di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut. 

Kali ini, medali perak berhasil dipersembahkan oleh Ahmad Ambali Sukur dari nomor lompat jauh putra, usai bertanding di Stadion Madya Atletik Deli Serdang, Sumatera Utara.

Ahmad Ambali Sukur mengamankan medali perak dengan lompatan sejauh 7,51 meter. 

Prestasi ini melanjutkan raihan medali sebelumnya yang didapat dari cabang olahraga atletik oleh Robi Syianturi, yang sebelumnya merebut medali perunggu di nomor 5000 meter putra.

“Saya sangat puas dengan hasil ini, apalagi ini adalah PON pertama saya. Saya sempat memimpin di lompatan pertama dan itu membuat saya lebih percaya diri,” ujar Ambali dalam keterangan rilis yang diterima di Pangkalpinang, Minggu.

Medali emas pada nomor lompat jauh putra diraih oleh Sapwaturrahman, atlet asal Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan lompatan sejauh 7,69 meter. 

Capaian ini memecahkan rekor PON XIV Jakarta 1996 yang sebelumnya dipegang oleh Yousan Lekahena dari Jawa Barat, dengan lompatan 7,64 meter.

Ambali sendiri mengakui bahwa target awalnya adalah memecahkan personal best (PB) pribadinya, yang saat ini tercatat 7,65 meter. 

“Target awal memang ingin memecahkan PB saya, tapi medali perak ini sudah cukup membanggakan. Ke depan, saya akan fokus untuk nomor lompat jangkit pada 17 September nanti. Saya optimis bisa memberikan hasil maksimal bagi Bangka Belitung,” tambahnya.

Dengan tambahan medali perak ini, Bangka Belitung semakin memperkokoh posisinya di klasemen sementara perolehan medali PON XXI, khususnya dari cabang olahraga atletik.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024