Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan pelatihan dan pembinaan manajemen masjid kepada pengurus dewan kemakmuran masjid (DKM) di daerah itu.

"Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pembinaan kepada DKM yang ada di Bangka Selatan terkait dengan kualitas manajemen masjid agar menjadi lebih baik," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Bangka Selatan Ari Dinata di Toboali, Selasa.

Ia mengatakan, dalam pemberian pembinaan manajemen masjid tersebut diikuti sebanyak 50 DKM yang ada di delapan kecamatan di Bangka Selatan.

"Pada pembinaan yang diikuti 50 peserta ini, kita bersama Baznas Bangka Selatan menghadirkan dua narasumber dari manajemen masjid Jogokariyan Yogyakarta," ujarnya.

Ari mengatakan, manajeman masjid Jogokariyan Yogyakarta merupakan salah satu rujukan manajemen masjid terbaik di Indonesia, bahkan pernah dikunjungi delegasi parlemen negara eropa karena prestasinya.

Untuk itu, dirinya berharap para peserta yang hadir ada pembinaan manajemen masjid untuk dapat mengikuti dan memahami apa yang disampaikan oleh narasumber yang dihadirkan.

"Semoga dengan adanya pembinaan ini dapat meningkatkan kualitas pengelolaan masjid di Bangka Selatan," ujarnya.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan Jamaludin mengatakan, pembinaan manajemen masjid yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah bersama Baznas ini untuk memberikan pemahaman dan bimbingan kepada DKM tentang pengelolaan manajemen masjid menjadi lebih baik.

"Mudah-mudahan dengan adanya pembinaan ini, DKM kita mampu menjadikan masjid sebagai pemberdayaan dan penggerak kesejahteraan masyarakat sekitar, disamping sebagai pusat ibadah," ujarnya.

Kegiatan pembinaan manajemen masjid berlangsung di ruang Gunung Namak Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dengan menghadirkan dua narasumber yakni Ustaz M.Rosyidi dan Ustaz Enggar Haryo Panggalih dari Biro Manajemen Masjid fan Biro Kultum Subuh Masjid Jogokariyan Yogyakarta.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024