Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, telah meresmikan Galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Pusat Informasi Wisata (PIW) Kota Pangkalpinang di kawasan pusaka bersejarah "Civic Centre", Sabtu.

Wakil Wali Kota Pangkalpinang M Sopian mengatakan acara peresmian tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan hari jadi ke-259 Pangkalpinang.

"Peresmian hari ini merupakan kerja sama antara Dekranasda dengan Disbudparpora Kota Pangkalpinang, sehingga sudah dapat difungsikan sebagai salah satu fasilitas penunjang kepariwisataan di Kota Pangkalpinang," katanya.

Ia mengatakan, keberadaan Galeri Dekranasda dan pusat informasi wisata di kawasan Tamansari dapan menjadikan fungsi kawasan itu lebih meningkat lagi dari sebelumnya.

"Jika sebelumnya kawasan ini hanya berfungsi sebagai tempat rekreasi keluarga, tempat olah raga ringan, lahan konservasi tanaman langka serta tempat santai, sekarang setelah direnovasi fungsinya bertambah menjadi ruang terbuka kreatif publik dan menjadi sarana edukasi bagi masyarakat," ujarnya.

Ia berharap Tamansari ke depannya akan menjadi penanda yang baik bagi Kota Pangkalpinang dan pusat informasi wisata, serta sebagai jendela informasi bagi Kota Pangkalpinang, khususnya informasi tentang kepariwisataan di kawasan pusaka bersejarah "Civic Centre".

"Saya juga berharap pusat-pusat informasi wisata di destinasi wisata lainnya seperti di Bandara Depati Amir, kawasan wisata Pantai Pasir Padi, galeri pariwisata dapat ditingkatkan fungsinya, apalagi Pangkalpinang sudah mencanangkan kotanya menjadi 'smart city'," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016