Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar bazar hasil pertanian lokal dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional Tahun 2024 sekaligus membantu petani dalam meningkatkan produksi dan pemasaran hasil pertaniannya.

"Kegiatan ini dapat mendorong para petani untuk lebih termotivasi dalam mengembangkan pertaniannya," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Sugito saat membuka bazar tani di Pangkalpinang, Babel, Selasa.

Ia mengatakan bazar hasil pertanian lokal yang diinisiasi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada petani yang berperan dalam menjaga ketahanan pangan nasional dan daerah ini.

"Apa yang dilakukan dan diupayakan oleh para petani ini adalah bagian dari upaya ketahanan pangan nasional. Ketika ketahanan pangan ini rapuh, jatuh dan terjadi kelangkaan, maka negara tersebut akan mengalami kerapuhan," ujarnya.

Ia menyatakan Presiden Joko Widodo pada dua tahun lalu saat berkunjung ke Ukraina menyampaikan bahwa dunia tidak sedang baik-baik saja, karena ancaman terhadap pangan cukup memprihatinkan.

"Kita di Indonesia yang kaya akan potensi pertanian juga tidak terlepas dari potensi ancaman kerawanan pangan," katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel Edi Romdoni mengatakan dalam memperingati Hari Tani Nasional tahun ini, Babel tidak hanya menggelar bazar pertanian dengan harga di bawah pasar tetapi juga menggelar donor darah, penyerahan bantuan pertanian, lomba busana, lomba gaple, dan mengopi gratis bersama petani.

"Pada peringatan Hari Tani Nasional tahun ini, para petani memakai pakaian seragam ASN, sementara ASN menggunakan pakaian petani, sebagai bentuk penghargaan kepada petani di daerah ini," katanya.

Ia bersyukur pengunjung bazar tani kali ini sangat antusias untuk membeli berbagai hasil pertanian petani lokal, karena harga yang ditawarkan di bawah harga pasaran.

"Alhamdulillah, pengunjung tidak hanya dari kalangan ASN di lingkungan Pemprov Kepulauan Babel, tetapi juga masyarakat sekitarnya," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024