Kanwil Kemenkumham Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meresmikan Imigrasi Corner Bangka Selatan, guna memberikan pelayanan keimigrasian terbaik kepada masyarakat di daerah itu.

"Inovasi imigrasi corner ini tentunya pelayanan imigrasi kepada masyarakat semakin dekat, mudah dan efisien," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Kepulauan Babel Harun Sulianto saat meresmikan Imigrasi Corner di Kantor Camat Toboali Bangka Selatan, Rabu.

Ia mengatakan imigrasi corner ini memiliki banyak sekali manfaat untuk masyarakat, contohnya yaitu masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Kota Pangkalpinang, hemat waktu, hemat biaya, mendapatkan informasi keimigrasian secara cepat, jelas dan efisien.

"Kalau warga Bangka Selatan butuh layanan paspor on the spot, tinggal datang ke imigrasi corner, nanti agen literasi yang akan menjembatani dan memberikan informasi terkait layanan keimigrasian," ujarnya.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Babel, Doni Alfisyahrin mengatakan imigrasi corner merupakan sebuah inovasi yang diinisiasi oleh Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Babel dan merupakan langkah maju dalam upaya untuk lebih mendekatkan pelayanan imigrasi kepada masyarakat.

"Dengan inovasi ini, masyarakat akan lebih memahami dan mengetahui mengenai keimigrasian serta layanan-layanan keimigrasian apa saja yang dapat diberikan oleh Kantor Imigrasi," katanya.

Menurut dia seiring dengan meningkatnya permohonan paspor di masyarakat, meningkatnya tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dan TKI non-prosedural, serta belum optimalnya pengawasan dan pendataan orang asing, maka Imigrasi Corner menjadi semakin penting untuk segera direalisasikan. 

"Semoga melalui peresmian Inovasi Imigrasi Corner ini menjadi langkah awal menuju pelayanan yang lebih baik dan dapat memenuhi harapan masyarakat. Mari kita bersama-sama menjadikan momen ini sebagai titik awal untuk menjadikan pelayanan imigrasi lebih modern, efisien, dan responsif," ujarnya.

Pjs Bupati Bangka Selatan Elfin Elyas menyampaikan sinergi antar pemerintahan sangat dibutuhkan karena akan mempermudah akses masyarakat untuk memperoleh layanan publik berkualitas. Oleh karena itu, agar kerja sama antara Kabupaten Bangka Selatan dengan Kemenkumham ke depan bisa lebih ditingkatkan dalam setiap kegiatan.

"Semoga dengan sinergi dan kolaborasi yang telah terbangun ini bisa menjadi nilai ibadah untuk kita semua dan akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas makin mudah untuk dicapai," harap Elfin.

 

Pewarta: Sanda

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024