Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebanyak 1.204 bilik suara yang akan digunakan pada pemilihan kepala daerah serentak pada 27 November mendatang.

"KPU Belitung telah menerima sebanyak 1.204 bilik suara Pilkada 2024," kata Ketua KPU Belitung, Amir Husin di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, sebanyak 1.204 buah bilik suara tersebut tiba dari Jakarta menuju Belitung menggunakan kapal laut KM. Sawita dan tiba di pelabuhan Tanjung Pandan pada, Selasa (24/9) kemarin.

Ia mengatakan, selanjutnya logistik berupa 1.204 buah bilik suara tersebut dibawa menuju gudang logistik Pilkada 2024 yakni GOR Tanjung Pandan.

"Bergesernya logistik bilik suara Pilkada 2024 dari pelabuhan Tanjung Pandan menuju GOR Tanjung Pandan mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian dan Bawaslu Belitung," ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, 1.204 buah bilik suara tersebut telah disimpan di GOR Tanjung Pandan dengan mendapatkan penjagaan ketat dari pihak kepolisian.

"Pada pelaksanaan Pilkada 2024 KPU Belitung tetap menggunakan GOR Tanjung Pandan sebagai gudang penyimpanan logistik Pilkada 2024 sama dengan Pemilu 2024 karena tempatnya yang cukup representatif," katanya.

Amir menambahkan, diterimanya sebanyak 1.204 buah bilik suara menambah daftar logistik Pilkada 2024 yang sebelumnya telah diterima oleh KPU Belitung.

Sebelumnya, lanjut dia, KPU Belitung menerima sebanyak 63 kotak suara Pilkada 2024 yang juga telah disimpan di GOR Tanjung Pandan.

"Kemudian sejumlah logistik Pilkada 2024 lainnya akan segera tiba secara bertahap dan diterima oleh KPU Belitung seperti segel maupun logistik lain," ujarnya. 

Disampaikan, KPU Belitung selalu memastikan tahapan pelaksanaan Pilkada 2024 berjalan dengan siap salah satunya adalah siap dari sisi logistik dan lain sebagainya.

"Salah satu aspek yang paling krusial dalam penyelenggaraan pemilu baik pilkada adalah kesiapan logistik dan KPU Belitung selalu memastikan aspek tersebut agar tidak terjadi kendala," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024