Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggencarkan pelaksanaan program imigrasi corner dan penerbitan paspor, untuk mengurangi biaya yang harus dikeluarkan masyarakat terkait keperluan keimigrasian.

"Ini program lanjutan, dimana sebelumnya sudah kita gelar juga dan kuotanya terbatas yaitu sebanyak 30 orang," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Bangka Selatan Yuri Siswanto di Toboali, Rabu.

Program imigrasi corner dan layanan pembuatan paspor tersebut bekerja sama dengan Kanwil Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung melalui Divisi Keimigrasian dan Kantor Imigrasi Pangkalpinang.

"Kita sampaikan kepada seluruh masyarakat Toboali, bahwa layanan pembuatan paspor akan kembali dibuka. Untuk pendaftaran layanan pembuatan paspor, masyarakat dapat menghubungi bapak Andrey di nomor Whatsapp 0812-3877-5571," ujarnya.

Selain layanan pembuatan paspor, pihaknya juga menggencarkan program imigrasi corner agar pelayanan konsultasi keimigrasian bisa dilaksanakan setiap hari.

Ia mengatakan, untuk tahap awal layanan imigrasi corner akan dilakukan di Kantor Camat Toboali dan Kantor Kepala Desa Airbara, Kecamatan Air Gegas.

"Semoga dengan adanya layanan imigrasi corner ini akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan masyarakat untuk keperluan keimigrasian," ujarnya.

Yuri mengatakan, program pembuatan paspor dan imigrasi corner ini bagian dari pelayanan optimal yang ditunjukkan pemerintah daerah terhadap masyarakatnya.

"Kita sengaja mendekatkan pelayanan ini dengan warga yang bekerja sama dengan Kanwil Hukum dan HAM Babel, kendati dengan kuota yang masih terbatas namun bisa dirasakan manfaatnya," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024