Pangkalpinang (Antara Babel) - Ribuan peserta dari berbagai elemen masyarakat memeriahkan acara "nganggung" akbar yang digelar Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Alun-Alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang dalam rangka merayakan hari jadi kota itu ke-259.

Ketua panitia nganggung akbar, Edison Taher, Senin, mengatakan dalam acara tersebut sebanyak 1.415 dulang berisi makanan dibawa langsung oleh masyarakat.

"Sebanyak 1.415 dulang ini diperuntukkan bagi 5.660 peserta. Jumlah ini sesuai yang terdata di kami, namun jumlah itu kemungkinan lebih banyak karena ada masyarakat yang mengantar langsung tadi pagi," katanya.

Ia mengatakan, dulang-dulang yang berisi makanan tersebut berasal dari SKPD Pemkot Pangkalpinang, kecamatan, kelurahan, sekolah-sekolah, BUMN, BUMD maupun instansi vertikal yang ada di Kota Pangkalpinang.

"Dulang-dulang yang disumbangkan dalam acara ini tidak ada yang berasal dari dana APBD melainkan sumbangan dari masyarakat dan para peserta," ujarnya.

Ia beraharap acara yang dilaksanakan pihaknya dapat melestarikan budaya Melayu Bangka Belitung agar tetap kekal sebagaimana ikrar Laksamana Hang Tuah yang sangat terkenal, yaitu "Tuah sakti hamba negeri, esa hilang dua terbilang, patah tumbuh hilang berganti, tak Melayu hilang di bumi".

"Kami harap acara nganggung ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya, karena acara ini sudah ditetapkan sebagai warisan budaya nasional," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016