Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan pembangunan jalan dengan anggaran senilai Rp8 miliar.

Plt Bupati Bangka Tengah Era Susanto di Koba, Minggu, mengatakan peningkatan pembangunan jalan sepanjang 3,7 kilometer di Bukit Lesung, Desa Cambai itu untuk menggeliatkan perekonomian.

"Itu jalan penghubung antar desa dan akses utama warga untuk menjual hasil bumi, sehingga akses jalan ini sangat penting untuk menggeliatkan ekonomi warga," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini kondisi jalan sudah sudah baik dimana sebelumnya masih banyak ditemukan lubang pada beberapa titik di ruas jalan.

"Membangun desa memang harus dimulai dari akses jalan, ini sangat penting agar desa tidak terisolasi," ujarnya.

Pemkab Bangka Tengah menargetkan semua jalan desa dalam kondisi baik pada 2025, sebagai bentuk realisasi dari program pembangunan daerah perdesaan.

"Tentu saya berharap warga ikut membantu pemerintah untuk menjaga kondisi jalan, jangan membuang sampah sembarangan di drainase jalan karena dapat memicu aspal cepat rusak digerus air," ujarnya.

Seorang warga Desa Cambai Iwan, kondisi jalan di kawasan Bukit Lesung sangat layak diperbaiki karena menjadi akses utama warga.

"Kondisi jalan yang rusak memang sudah lama dikeluhkan warga, sekarang kondisinya sudah bagus dan warga lebih mudah mengangkut hasil bumi untuk dijual ke pasar atau ke desa lainnya," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024