Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjajaki peluang kerja sama dengan Bulgaria di tiga sektor unggulan yakni pariwisata, pertanian, dan perikanan.

"Promosi kami sebelumnya diterima oleh Bulgaria dengan mengirimkan Duta Besar, Tanya Dimitrova ke sini (Belitung) untuk menindaklanjuti terkait dengan kerja sama antar kota," kata Pj Bupati Belitung, Mikron Antariksa usai menerima kunjungan Dubes Bulgaria, Tanya Dimitrova di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, kerjasama ini akan dilakukan di tiga sektor unggulan seperti pariwisata, perikanan, dan pertanian.

Ia mengatakan, Belitung juga memiliki potensi lain untuk dikembangkan seperti sektor pertambangan namun itu tidak menjadi sektor prioritas.

"Memang kata Dubes Bulgaria, Tanya Dimitrova tadi yang mungkin untuk dikerjasamakan adalah sektor pariwisata, kondisi ini sama dengan Bulgaria yang juga mengedepankan sektor pariwisata," ujarnya.

Ia menjelaskan, Belitung dulunya bergantung terhadap sektor pertambangan (mining) namun kini telah bertransformasi menuju sektor pariwisata.

"Jadi ke depannya sektor pariwisata yang akan akan kita kembangkan," katanya.

Selain itu, lanjut dia, Dubes Bulgaria juga tertarik menjalin kerja sama di sektor perikanan, pertanian, dan kelapa sawit.

"Kalau untuk sektor perikanan juga lebih memungkinkan karena berdasarkan data sampai September Belitung sudah mengekspor 1.000 ton ikan ke luar negeri," ujarnya.

Sedangkan untuk sektor perkebunan kelapa sawit, lanjut Mikron, kerja sama mungkin akan dilakukan antar Bulgaria dengan sejumlah perusahaan kelapa sawit di daerah itu.

"Kalau kelapa sawit di sini sebagaimana kita ketahui ada banyak perusahaan bukan masyarakat jadi saya pikir kerja sama lebih baik dilakukan ke perusahaan-perusahaan," katanya.

Duta Besar Bulgaria untuk Indonesia, Tanya Dimitrova di Tanjung Pandan, Jumat mengatakan kedatangannya ini merupakan kunjungan perdana ke Belitung.

"Kedatangan kami ini memperkuat jalinan dan ikatan antara Bulgaria dan Belitung karena ada salah satu kota di Bulgaria yang tertarik untuk menjalin kerja sama," ujarnya.

Ia menambahkan, kunjungan ini sebagai langkah awal untuk mengeksplorasi potensi apa saja yang bisa dikerjasamakan sehingga menjadi lebih spesifik.

"Belitung ini banyak menyimpan potensi dan ini bakalan lebih dari Bali, terima kasih atas keramahan penyambutan," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024