PT Timah Tbk menggelar webinar keamanan siber guna mengedukasi dan meningkatkan pemahaman karyawan dalam menjaga keamanan data perusahaan dan data pribadi insan timah itu.

"Di era digital yang terus berkembang saat ini PT Timah terus berupaya meningkatkan kesadaran karyawan akan pentingnya keamanan siber," kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Timah Fina Eliani saat membuka webinar keamanan siber di Pangkalpinang, Senin.

Kegiatan itu menghadirkan narasumber CEO Defenxor Toto A Atmojo dan  Head of ICT and Digitalization MIND ID Widiya Kumoro.

"Dalam webinar ini berbagai topik dibahas dan jenis-jenis ancaman siber yang sering dihadapi seperti, phishing, malware, dan ransomware, hingga cara mengamankan informasi pribadi dan rahasia perusahaan," katanya.

Selain itu para karyawan juga diajak untuk memahami kebijakan keamanan siber yang diterapkan perusahaan, seperti penggunaan kata sandi yang kuat, pemutakhiran perangkat lunak secara rutin, serta berhati-hati saat mengakses email atau tautan yang mencurigakan.

"Ancaman siber terjadi begitu nyata saat ini, sehingga karyawan perlu meningkatkan kesadaran untuk melindungi data pribadi dan data perusahaan," katanya.

Menurut dia, prinsip-prinsip keamanan siber wajib dimiliki karyawan, seperti kesadaran untuk memahami risiko dan ancaman yang terjadi, mitigasi risiko, dan merespon dengan cepat.

"Dengan meningkatkan kesadaran mengenai keamanan siber bisa meningkatkan keamanan kita dan lebih terlindungi terhadap data yang dimiliki. Keamanan informasi pasti akan berdampak positif untuk mendukung kinerja perusahaan," pesannya.

CEO Defenxor Toto A Atmojo,dalam webinar ini menyampaikan sejumlah pesan penting bagi Insan Timah tentang keamanan siber seperti mengelola password, mengenal phising dan social engineering, mencegah menjadi korban phising, dan lainnya.

Sementara itu Head of ICT and Digitalization MIND ID Widiya Kumoro menjelaskan tentang tren serangan siber di MIND ID Group, elemen budaya keamanan siber dan check list keamanan dan privasi data.

"Webinar hari ini merupakan salah satu bentuk untuk meningkatkan kesadaran karyawan tentang pentingnya menjaga keamanan siber. Karena keamanan siber bukan hanya tanggung jawab tim IT, tapi seluruh level karyawan hingga manajemen," ucapnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024