Program Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Mengajar  Ke-9 (KM9) menyasar siswa-siswi SDN 3 Sungai Selan di Pulau Nangka  merupakan pulau terpencil di Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna mengedukasi pelajar di pulau terpencil tersebut tentang peran Kemenkeu dalam mengelola dana APBN.

"Kemenkeu Mengajar ini diharapkan siswa siswi di pulau kecil ini dapat mengenal dan memahami literasi keuangan negara," kata Wakil Koordinator Kemenkeu Mengajar 9 Daerah  Bangka Tengah Ade Dharmawan di Bangka Tengah, Senin malam.

Ia mengatakan Kementerian Keuangan menyelenggarakan kegiatan Kemenkeu Mengajar ke-9 (KM9) secara serentak pada  Senin (7/10) Oktober 2024  diberbagai level sekolah dengan total 327 sekolah yang terdiri dari 126 SD, 83 SMP, 100 SMA/SMK/MA, 13 SLB dan 5 SILN di 
Se-Indonesiq.

Sementara kegiatan KM-9 Kabupaten Bangka Tengah dilaksanakan di tiga sekolah yaitu SD Negeri 3 Sungaiselan, SD Negeri 16 Sungaiselan dan SMP Negeri 5 Satu Atap Sungaiselan Desa Tanjungpura Kecamatan Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah. 

"Dalam kegiatan ini, para relawan  mengajar dan berbagi selama satu hari di sekolah, mulai dari jenjang SD hingga SMA dan juga ada di beberapa SLB dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN)," katanya.

Ia menyatakan para siswa menerima beberapa materi yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan sekolah yakni terkait peran Kementerian Keuangan dalam mengelola Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

S3lain itu; peran dan manfaat APBN dalam kehidupan sehari-hari seperti pembiayaan pembangunan fasilitas umum dan berbagai proyek strategis nasional, pengenalan profesi yang ada di Kementerian Keuangan; serta cerita inspirasi untuk menjaga semangat belajar para siswa. 

"Melalui kegiatan Kemenkeu Mengajar ini diharapkan anak-anak lebih mengenal dan memahami literasi keuangan negara, yang terdiri dari pengenalan APBN, pengenalan peran, profesi, dan nilai-nilai Kementerian Keuangan, serta manfaat dari Keuangan Negara sesuai dengan tema “Peran APBN dalam Mewujudkan Kecerdasan, Kesehatan dan Kesejahteraan," katanya.

Kepala Sekolah SDN 16 Sungaiselan Ihfandi mengaku  sangat bersyukur sekolah kami terpilih menjadi sekolah kolaborator KM9. 

"Siswa-siswa  di pulau ini sangat antusias dan semangat mengikuti pembelajaran hari ini," katanya.

Ia berharap  kegiatan KM9 terus berlangsung terutama di daerah pelosok seperti SDN 16 Sungaiselan yang berada di Pulau Nangka Bangka Tengah.

"Dengan adanya kegiatan ini tentunya siswa lebih mengenal peran Kemenkeu, apalagi selama ini siswa cukup sulit mengakses informasi karena jaringan telekomukasi yang tidak memadai," katanya.

 

Pewarta: Agung Hermawan

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024