Kemenkeu Mengajar 9 di Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diselenggarakan di SMA Negeri 1 Pangkalpinang, untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait literasi keuangan negara di Kota Beribu Senyuman itu.

Koordinator Daerah KM 9 Pangkalpinang Masria Hanum di Pangkalpinang, Selasa mengatakan Kemenkeu Mengajar merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait peran Kemenkeu dalam mengelola APBN, peran dan manfaat APBN, Pengenalan profesi yang ada di Kemenkeu, serta memupuk semangat siswa dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Ia mengatakan para relawan yang mengajar di KM 9 Pangkal pinang sebanyak 29 pegawai berasal dari berbagai unit kerja di Kementerian Keuangan seperti Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, dan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara baik yang bertugas di Provinsi KepulauanBangka Belitung maupun yang bertugas diluar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Relawan KM 9 Pangkalpinang tidak hanya berasal dari wilayah Pulau Bangka saja, tetapi ada juga relawan yang datang dari luar pulau bangka seperti Sulawesi Tengah, Palembang, dan Jakarta.

"KM 9 Pangkalpinang merupakan wujud sinergi Kemenkeu satu dalam meningkatkan literasi keuangan negara kepada para siswa. Untuk tahun ini kami menyelenggarakan kegiatan KM 9 di SMA Negeri 1 Pangkalpinang" katanya. 

Ia menyatakan Kemenkeu mengajar merupakan kegiatan sukarela yang dilakukan oleh para pegawai Kemenkeu dan mahasiswa pkn stan untuk memberikan pemahaman terkait keuangan negara kepada siswa/siswi SD, SMP, SMA/Sederajat.

Kemenkeu mengajar tahun ini merupakan edisi ke-9 dan diselenggarakan serentak pada tanggal 7 Oktober 2024 di berbagai level sekolah dengan total 327 sekolah yang terdiri dari 126 SD/sederajat, 83 SMP/sederajat, 100 SMA/sederajat, dan 13 SLB di Indonesia. Sementara 5 sekolah lagi merupakan sekolah Indonesia di luar negeri (SILN). 

Kepala SMAN 1 Pangkalpinang Efri Rantos mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa karena dengan kehadiran pegawai kemenkeu membuat siswa termotivasi untuk menggapai cita-cita mereka.
 
"Kami sangat mengapresiasi KM 9 Pangkalpinang yang memilih sekolah kami dalam penyelenggaraan kegiatan Kemenkeu mengajar. Semoga setelah kegiatan ini bisa meningkatkan literasi keuangan negara para siswa di sekolah ini," katanya.
 

Pewarta: Agung Hermawan

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024