Besaoh Project Bangka Belitung berencana menghadirkan dua artis nasional dalam "Project Event Festival Berpestapora Vol.2" guna membantu menggerakkan ekonomi Babel, khususnya sektor UMKM, pariwisata dan lainnya.

"Saat ini kami dan tim sedang mempersiapkan dengan maksimal agar event-nya berjalan dengan baik. Insha Allah akan ada dua artis terkenal nasional yang kita undang," kata Widi, salah satu panitia penyelenggara saat dikonfirmasi di Pangkalpinang, Selasa.

Widi menyebut dua artis yang akan diundang adalah satu artis dari grub band dan satu penyanyi solo yang saat ini sedang "hits" guna menghibur masyarakat Babel.

"Mohon doanya semoga berjalan lancar. Tim sedang kerja dan mempersiapkan event kita," kata Widi.

Dia juga menyampaikan bahwa tujuan dari penyelenggaraan acara musik ini untuk sektor ekonomi Babel yang sedang tidak baik, di mana Triwulan I-2024 hanya tumbuh 1,02 Persen.

Widi mengutip beberapa data perekonomian bahwa pada triwulan II-2024, PDRB Babel memberikan kontribusi sebesar 2,23 persen terhadap PDRB Pulau Sumatera dan 0,49 persen terhadap total PDRB 34 provinsi di Indonesia.

Dia mengungkapkan bahwa UMKM merupakan pilar ekonomi kerakyatan di Babel. Sedangkan sektor perhotelan di Babel juga mengalami penurunan, di mana jumlah tamu (asing dan Indonesia) sebanyak 31.830 orang (turun sebesar 9,30 persen dibandingkan bulan sebelumnya). TPK hotel bintang sebesar 22,88 persen (turun 2,76 poin dibandingkan bulan sebelumnya).

Dengan rata-rata lama tamu menginap 1,69 hari (naik 0,09 hari dibandingkan bulan sebelumnya), hal ini karena imbas masalah timah membuat perekonomian Babel turun terendah Se-Sumatera dan sektor pariwisata jadi Lesu.

"Semoga adanya event-event di Babel bisa membantu meningkatkan perekonomian kita, khususnya UMKM, pariwisata dan perhotelan, serta sektor lainnya," harap Widi.

Dia juga berharap pemerintah daerah mendukung pemuda-pemuda Babel membuat event-event besar, seperti konser, expo, fair dan lain lain agar perekonomian kembali tumbuh.

Pewarta: Bima Agustian

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024