Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Babel, Harun Sulianto di dampingi Kepala Divisi Keimigrasian, Doni Alfisyahrin, lakukan koordinasi ke Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Babel, Kol. Laut (P) Erwin Herdianto, di Pangkalan TNI Angkatan Laut Belinyu Bangka, Senin (07/10/2024).

Dalam keterangan rilis yang diterima di Pangkalpinang, Selasa (8/10), Kakanwil Harun Sulianto menyampaikan terima kasih kepada Jajaran Lanal Babel atas sinergi yang telah baik selama ini.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Babel, Doni Alfisyahrin mengatakan jika Imigrasi dan TNI Angkatan Laut mempunyai hubungan kerja yakni sebagai anggota Tim Pengawasan orang (Timpora) Tingkat Provinsi Babel. Koordinasi yang dilakukan meliputi pertukaran data dan informasi, serta   pelaksanaan pengawasan orang asing di laut.

"Saat ini cukup banyak TKA yang bekerja di kapal Isap Produksi Timah di perairan Bangka Belitung, sehingga perlu dilakukan mitigasi atas potensi kerawanan pelanggaran Peraturan Perundang-undangan Keimigrasian oleh Tenaga Kerja Asing (TKA) di Perairan," ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut juga dikoordinasikan terkait kemungkinan rencana operasi gabungan yang bersifat khusus atau insidental, dari Tim Pengawasan Orang Asing di perairan Babel.

Menurut Doni Alfisyahrin sesuai Pasal 7 Perpres 125 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi Dari Luar Negeri (PDLN) Dimana TNI memiliki peran dalam operasi pencarian dan pertolongan terhadap kapal yang diduga berisi pengungsi luar negeri  yang melakukan panggilan darurat. 

"Hal ini perlu diantisipasi bersama antar Instansi Pemerintah dalam Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri tersebut," tegas Doni 

Pada kesempatan ini, Danlanal Babel, Kol Laut (P) Erwin Herdianto mengucapkan terima kasih atas kedatangan Kakanwil Kemenkumham Babel dan jajaran. Ia berharap, sinergi dan kolaborasi aktif antara TNI Angkatan Laut dan Imigrasi dan Kemenkumham terus terjalin utuh. 

"Lanal Bangka Belitung siap memfasilitasi jika jajaran Imigrasi akan melaksanakan operasi di laut," katanya.

Disampaikan Danlanal Babel, saat ini terdapat 2 tipe Kapal yang dimiliki oleh Lanal Babel, yaitu Kapal Angkatan Laut (KAL) yang berkapasitas 20an orang ABK (Awak Buah Kapal) serta Kapal Rigid Inflatable Boat (RIB) yang merupakan kapal sergap dengan kapasitas 6 orang.

"Untuk Pengungsi dari Luar Negeri, sampai saat ini belum terdengar ada potensi kedatangan PDLN di pesisir laut pulau Bangka," lanjutnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Edy Firyan), serta Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian (Erwin Hariyadi). Lalu dari Lanal Babel hadir Dandenpomal (Pipin Siagian), Danposal P. Balam (Agus Nugroho), Pasintel (Aris Alfatah), Pasiminlog (M. Syamsul Bahri), Pasprograr (Suyadi), Kasatbek (M. Panji P), serta Ka BK (Izpan T).

Pewarta: Rilis Pers

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024