Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Hendro Pandowo mengingatkan pasangan calon peserta pemilihan kepala daerah dan para pendukung tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban selama masa kampanye yang akan berjalan hingga 23 November 2024.

"Masa kampanye telah berlangsung sekitar sepekan, mari kita jaga bersama situasi kamtibmas selama Pilkada 2024. Apabila ada orang yang ingin membuat permasalahan, konflik, kerusuhan di Bangka Belitung segera kita hadapi bersama-sama,” kata Kapolda Babel Hendro Pandowo di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan pada masa awal tugasnya di Babel, masyarakat di daerah itu sangat baik, toleransi tinggi, memiliki makanan khas yang nikmat dan udara sejuk sehingga memberikan kesan mendalam baginya untuk mencintai Negeri Serumpun Sebalai (julukan Bangka Belitung).

"Tentunya mereka-mereka ini (paslon dan para pendukung) merupakan orang Babel, ada yang memiliki sejarah pertemanan, baik teman sekolah, ada yang hubungan darah, saudara. Saya ini yang orang luar ingin menjaga situasi kamtibmas, apa lagi masyarakat di Babel," katanya.

Menurut dia, masa kampanye di Babel sejauh ini berlangsung kondusif, untuk itu dia mengajak masyarakat agar tetap menjaga situasi tersebut.

Ia juga mengapresiasi para pasangan calon dan para pendukung yang selama masa kampanye ini dapat menjaga situasi tertib, baik, tidak ada ujaran kebencian dan isu SARA.

Terkait upaya menjaga situasi kamtibmas, Kapolda menegaskan agar seluruh elemen menjalankan tugas dan fungsi sesuai peraturan yang berlaku.

"Hal ini pernah saya sampaikan ketika deklarasi kampanye damai, baik ke KPU, Bawaslu, peserta pemilu, pendukung masing-masing pasangan dan partai politik, serta masyarakat silakan melangsungkan kampanye dengan baik dan benar sesuai dengan undang-undang, hindari ujaran kebencian," ujarnya.

Untuk penegakan hukum, pihaknya memastikan akan melakukan tindakan tegas jika ditemukan oknum yang akan membuat kerusuhan di Babel.

Sebagai langkah awal, kata dia, Polda Babel bersama jajaran di tingkat kabupaten/kota telah melakukan upaya sosialisasi dan pendekatan guna pencegahan kemungkinan konflik.

"Kami mengingatkan agar seluruh personel bersikap netral pada Pilkada 2024, jika ditemukan ada yang tidak netral akan ditindak tegas. Saya juga sudah sampaikan kepada anggota Polri untuk tidak berfoto berpose, membantu pelaksanaan kampanye, pasang spanduk dan lainnya," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024