Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak seluruh organisasi kemasyarakatan ikut berperan aktif menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024.

"Hari ini kita gelar rapat koordinasi bersama sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) yang ada di wilayah Bangka Barat untuk mewujudkan Pilkada 2024 yang berjalan lancar," kata penjabat sementara Bupati Bangka Barat Hendriwan di Mentok, Rabu.

Pada rapat koordinasi yang digelar di Ruang Operasional II Sekretariat Daerah Pemkab Bangka Barat itu dihadiri pengurus sejumlah ormas, antara lain Forum Kerukunan Umat Beragama, Muhammadiyah, Lembaga Dakwah Islam Indonesia, Senkom Mitra Polri, Majelis Ulama Indonesia dan Karang Taruna.

Hendriwan mengatakan ormas memiliki peranan penting dalam mewujudkan Pilkada 2024 Damai karena kehadiran organisasi tersebut bisa menyeimbangkan iklim demokrasi dan stabilisasi hukum di Bangka Barat.

Dengan peran penting ormas, diharapkan bisa terjadi hubungan yang baik antara pemerintah dengan kelompok tersebut sehingga bisa mendukung berbagai upaya yang dilakukan untuk menjaga situasi aman, tertib dan damai di seluruh wilayah Bangka Barat.

"Kita akan terus melakukan upaya kolaborasi dan sinergi karena tidak bisa jalan sendiri, kita tidak perlu egois dan harus saling melengkapi," ujarnya.

Dari hasil pertemuan itu, kata dia, Pemkab Bangka Barat meminta seluruh pengurus ormas untuk ikut memberikan penyuluhan dan sosialisasi ke masyarakat agar bisa bersama-sama menjaga situasi selama pilkada berlangsung sehingga bisa berjalan dengan sukses dan lancar.

Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Bangka Barat Ridwan Sahri mengatakan pihaknya berkomitmen untuk ikut menyukseskan pilkada di Bangka Barat.

"Seluruh pemuka agama akan ikut berperan aktif memelihara kerukunan umat beragama yang selama ini sudah terjalin. Ini terus kita tingkatkan dan upayakan agar pilkada berjalan lancar dan sukses," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024