Koba (Antara Babel) - Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dipastikan akan diikuti empat pasang calon setelah mereka secara resmi mendaftarkan diri ke KPUD setempat di Pangkalpinang.

Keempat pasangan calon itu adalah Rustam Effendi-Muhammad Irwansyah, Yusron Ihza Mahendra-Yusroni Yazid, Erzaldi Rosman Djohan-Abdul Fattah, dan pasangan Hidayat Arsani-Sukirman.

Keempat pasangan itu mendaftar pada hari yang berbeda. Rustam-Irwansyah dan Yusron-Yusroni mendaftar pada Rabu (21/9), Erzaldi-Fattah mendaftar pada Kamis (22/9), sedangkan Hidayat-Sukirman menyerahkan berkas ke KPUD pada Jumat atau hari terakhir pendaftaran.

Peserta Pilgub Bangka Belitung 2017 diusung sejumlah partai politik koalisi untuk memenuhi syarat dukungan, kecuali pasangan Rustam-Irwansyah yang hanya didukung PDIP.

Yusron-Yusroni diusung tiga partai politik yaitu PPP, Demokrat dan PBB, pasangan Erzaldi-Fattah diusung partai politik Gerindra, Nasdem dan PKB, sedangkan Hidayat-Sukirman diusung empat partai politik yaitu Golkar, PAN, Hanura dan PKS.

Keempat pasangan sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Babel. Yusron merupakan tokoh nasional asal Belitung Timur, pernah menjadi anggota DPR-RI dan dubes, sementara Yusroni adalah mantan Bupati Bangka.

Kemudian Rustam Effendi adalah gubernur petahana, sedangkan pasangannya Irwansyah adalah Wali Kota Pangkalpinang.

Sementara Erzaldi Rosman adalah Bupati Bangka Tengah untuk periode kedua dan pasangannya Abdul Fattah merupakan pamong senior yang pernah menjabat Sekda Belitung Timur dan sekarang dosen IPDN.

Kemudian Hidayat Arsani merupakan pengusaha yang terpilih menjadi Wakil Gubernur Babel mendampingi Rustam Effendi, didampingi Sukirman yang mantan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Barat.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016