Kafilah atau peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an dan Hadist (MTQH) XIII Tahun 2024, asal Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil meraih juara umum pada lomba di tingkat provinsi yang diselenggarakan di Belitung pada 7 sampai 12 Oktober 2024.

"Saya memberikan apresiasi besar atas perjuangan dan semangat peserta yang sudah membawa nama baik Kabupaten Bangka," kata Penjabat Bupati Bangka, M Haris di Sungailiat, Sabtu.

Keberhasilan menjadi juara umum pada MTQH XIII tahun 2024 merupakan hasil yang cukup memuaskan karena berhasil mempertahankan prestasi juara umum pada lomba yang sama pada tahun sebelumnya.

"MTQH merupakan momentum yang sangat penting dan memiliki peran sangat strategis, baik dalam fungsi untuk menjabarkan, mengembangkan dan mengimplementasikan pokok-pokok ajaran keagamaan yang fundamental dan hakiki yakni Al Quran," katanya.

Tercatat sebanyak 65 kafilah asal Kabupaten Bangka ikut dalam ajang MTQH XIII tahun 2024 di Kabupaten Belitung, mampu bersaing dengan peserta lain dari berbagai daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Mendapat predikat juara umum bukan perihal yang mudah karena harus bersaing dengan peserta lain yang memiliki kemampuan tingkat provinsi," jelas dia.

MTQH Ke-XIII Provinsi Bangka Belitung di Belitung yang diikuti 376 peserta mempertandingkan sembilan cabang lomba di antaranya, Hifzil Quran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Khat Al Quran, Tilawah Al-Quran, Hifzil Hadits, Tafsir Quran, Qiraat Al Quran dan Karya Tulis Ilmiah Quran

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024