Klub sepak bola asal Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Belitong FC mengutamakan tiga aspek penilaian dalam menyeleksi pemain untuk memperkuat tim U-17, U-15, dan U-13 di ajang Soeratin Cup.

"Kalau untuk penilaian ada tiga aspek yang kami perhatikan dari masing-masing pemain," kata Sekretaris Belitong FC, Hamzah di Tanjung Pandan, Minggu.

Menurut dia, ketiga aspek penilaian tersebut  meliputi teknik, kecepatan, dan sikap (attitude) yang ditunjukkan oleh pemain selama mengikuti seleksi.

Ia mengatakan, aspek penilaian attitude ataupun sikap pemain ini merupakan aspek penting yang tidak bisa dipisahkan dalam proses seleksi tersebut.

"Karena masih pada usia perkembangan, sebagai seorang atlet di usia muda mereka maka aspek sikap adalah yang paling penting, misalnya bagaimana mereka dalam bersikap khususnya kepada pelatih," ujarnya.

Hamzah menambahkan, Belitong FC baru menyelenggarakan seleksi pemain talenta muda di daerah itu guna memperkuat tim di ajang Soeratin Cup.

Disampaikan Hamzah, seleksi tersebut mendapatkan sambutan dan antusias dari para pesepakbola muda di daerah itu.

Dia menyebutkan, jumlah peserta seleksi pemain U-15 Belitong FC diikuti oleh sebanyak 84 peserta terdiri dari penjaga gawang 12, pemain belakang 29, pemain tengah 17, dan pemain depan 26 orang.

Selanjutnya, jumlah peserta seleksi pemain U-13 Belitung FC sebanyak 72 peserta terdiri dari penjaga gawang enam orang, pemain belakang 26 orang, pemain depan 23 orang, dan pemain tengah 17 orang.

"Pelaksanaan seleksi pemain U-17 Belitong FC sebelumnya juga mendapatkan antusias dari peserta sehingga sangat luar biasa sekali," katanya.

Hamzah menambahkan, dari total seluruh pemain yang mengikuti seleksi untuk masing-masing kategori usia mulai U-15 dan U-13 akan diseleksi menjadi 25 orang pemain.

Setelah itu, kata Hamzah, tim akan kembali melakukan seleksi pemain hingga menjadi 18 orang yang merupakan tim inti dari Belitong FC.

"Jadi memang seleksinya cukup ketat dan persaingannya tinggi untuk mendapatkan pemain-pemain yang berkualitas dalam membela tim," ujarnya.

Dikatakan, setelah berhasil menyeleksi sebanyak 18 pemain, maka pihak manajemen tim mulai menggenjot porsi latihan bagi para pemain guna mengarungi kompetisi Soeratin Cup.

Hamzah mengimbau agar jajaran pelatih dapat mempersiapkan komposisi pemain yang terbaik baik stamina, fisik, dan taktik guna menghadapi jalannya kompetisi yang dijadwalkan bergulir pada awal November untuk piala Soeratin Cup U-17.

Sedangkan jadwal kompetisi U-15 dan U-13 Soeratin Cup akan dilaksanakan pada Desember mendatang.

"Alhamdulillah, seluruh pelatih BFC sudah berlisensi C tanpa lisensi memang tidak bisa memegang pemain sehingga kami sangat siap dan optimis menghadapi kompetisi," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024