Pemain PSG, Randal Kolo Muani, mengemas dwigol saat Prancis menang 2-1 atas Belgia pada pertandingan Liga A Grup 2 UEFA Nations League di Stadion King Baudouin, Brussel, Senin setempat atau Selasa dini hari WIB.

“Saya turut gembira untuk dia. Randal tampil sangat baik untuk kami. Ia penuh rasa percaya diri dan pertandingan pertama (melawan Israel) memberikan banyak kebaikan juga bagi dia,” kata pelatih Prancis Didier Deschamps seperti dikutip dari AFP.

“Ia memiliki kemampuan untuk menyusup (ke belakang pertahanan lawan). Ia juga sangat bagus pada hari ini dengan punggungnya menghadap ke gawang, dan ia sangat bagus pada duel udara,” tambahnya.

Kolo Muani membuka keunggulan timnya melalui eksekusi penalti pada menit ke-35, sebelum Lois Openda menyamakan kedudukan untuk Belgia menjelang turun minum.

Namun Kolo Muani yang menjalani awal musim yang sulit di klubnya, tampil menjadi pahlawan Les Bleus saat tandukannya berbuah gol penentu kemenangan pada menit ke-60.

Prancis harus tampil dengan sepuluh pemain pada fase akhir laga, setelah kapten Aurelien Tchouameni diusir keluar lapangan pada menit ke-76.

Ini merupakan kemenangan kedua Prancis dari dua laga pada jeda internasional kali ini, meski mereka masih belum diperkuat kapten Kylian Mbappe yang harus absen karena cedera paha.

Belgia sempat mendapat hadiah penalti pada menit ke-23. Pelanggaran terhadap Openda oleh William Saliba di kotak terlarang, membuat Belgia mendapat hadiah penalti. Namun eksekusi yang dilakukan kapten Youri Tielemans melambung menjahu gawang.

Prancis kemudian berganti mendapat penalti pada menit ke-35, saat Wout Faes menyentuh bola dengan tangannya di kotak penalti. Kolo Muani pun tidak membuang peluang untuk membawa timnya unggul.

Openda menanduk bola umpan silang Timothy Castagne yang berbuah gol penyama kedudukan bagi Belgia pada menit ke-45+3. Prancis lantas kembali unggul melalui gol Manu Kone, tetapi tidak disahkan karena handball Kolo Muani pada proses terjadinya gol.

Tchouameni mendapatkan kartu kuning kedua menjelang turun minum akibat pelanggarannya terhadap Tielemans. Namun meski bermain dengan minus satu pemain, tim tamu mampu menjaga keunggulan sampai peluit panjang berbunyi.

Daftar susunan pemain:

Belgia: Koen Casteels, Zeno Debast, Wout Faes, Arthur Theate, T CAstagne, Orel Mangala, Youri Tielemans, JEremy Doku, Charles De Ketelaere, Leandro Trossard, Lois Openda

Pelatih: Domenico Tedesco

Prancis: Mike Maignan, Jules Kounde, Ibrahima Konate, William Saliba, Lucas Digne, A Tchouameni, Manu Kone, Matteo Guendozi, Ousmane Dembele, Randal Kolo Muani, Bradley Barcola

Pelatih: Didier Deschamps

Pewarta: A Rauf Andar Adipati

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024