Pangkalpinang (Antara Babel) - DPRD Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta kepada pemerintah kota setempat untuk terus menghidupkan tradisi "Nganggung" agar budaya tersebut dapat dilestarikan ke depannya.

"Kami memberikan apresiasi kepada Pemkot Pangkalpinang karena telah menyelenggarakan acara 'Nganggung' akbar secara besar (19/9) dan telah menghidupkan kembali tradisi masyarakat ini," kata Wakil Ketua DPRD Kota Pangkalpinang, Abang Hertza di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan, tahun ini merupakan tahun kedua Pemkot Pangkalpinang melaksanakan acara 'Nganggung' akbar. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan tradisi Pulau Bangka Belitung yang wajib dilestarikan sebagai budaya masyarakat di kota itu.

"Peran pemerintah sangat besar untuk selalu menghidupkan tradisi 'Nganggung' ini dan mudah-mudahan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara konsisten setiap tahun," ujarnya.

Selain itu, Ia juga berharap pemerintah kota juga terus melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat kebudayaan, sehingga kegiatan seperti itu terus terlahir dan tidak hilang tergerus oleh zaman yang semakin moderen serta kemelayuannya akan tetap terjaga.

"Di tengah mulai memudarnya semangat kebersamaan dan saling tolong menolong, maka perlu kita bangkitkan kembali serta digairahkan kembali kegiatan-kegiatan kebudayaan yang memiliki nilai saling tolong dan kebersamaan tersebut," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan kebudayaan yang ada di Kota Pangkalpinang memiliki banyak nilai-nilai luhur budaya yang berfungsi untuk kemajuan dan kepentingan masyarakat seperti nilai tolong menolong, nilai persatuan dan nilai tanggung jawab serta nilai sosial.

"Saya yakin dan terus berharap Kota Pangkalpinang selaku ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat terus berbenah agar menjadi kota yang lebih maju lagi," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016