Kepolisian Resor Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar operasi zebra dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan dan kelancaran lalu lintas menjelang pelantikan presiden terpilih.

"Operasi ini sudah dibuka dan didukung oleh seluruh Forkopimda," kata Kapolres Belitung Timur AKBP Indra Dali Muthe di Manggar, Selasa.

Kegiatan operasi zebra ditandai dengan apel gelar pasukan di halaman Mapolres setempat yang diikuti oleh anggota, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan dan Basarnas Kabupaten Belitung Timur.

Ia menjelaskan, Operasi Zebra Menumbing menyasar 12 pelanggaran lalu lintas baik pengendara roda dua dan empat.

“Karena angka kecelakaan lalu lintas yang paling tinggi di  daerah ini, maka operasi ini efektif untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

Polres Belitung Timur melaksanakan razia di titik-titik rawan terutamanya di Kota Manggar karena kondisi lalu lintas di kota  jauh lebih padat.

“Kecamatan lain tetap, namun kita prioritaskan di Kota Manggar karena di kecamatan lain banyak jalan lurus, di Manggar kita akan lakukan operasi di persimpangan-persimpangan,” ujar Indra.

Indra mengimbau para pengguna jalan untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan melengkapi surat kendaraan untuk menghindari kecelakaan.

"Kecelakaan lalu lintas kerap terjadi karena tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan akibat kelalaian dalam berkendaraan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024