Muntok (Antara Babel) - Kapolres Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung AKBP Djoko Purnomo menyatakan sebanyak 170 personel gabungan dari berbagai instansi siap melayani masyarakat selama digelarnya Operasi Ketupat 2013.


"Sebanyak 170 personel gabungan itu akan kami tugaskan di enam pos pengamanan di seluruh wilayah Bangka Barat selama perayaan Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriyah," kata Djoko usai kegiatan apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2013 di halaman Mapolres Bangka Barat, Kamis.


Ia menjelaskan, sebanyak 170 personel gabungan itu selain dari Polri juga melibatkan unsur TNI, Satpol PP, Senkom Mitra Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, ASDP, Orari, Pramuka dan pihak swasta.


"Mereka akan bertugas bergantian selama Lebaran di enam pos pengamanan yaitu di Pos Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok sebanyak 46 personel, Pos Terminal Muntok 40 personel, Pos pengamanan Pasar Parittiga 21 personel, Pos Simpang Ibul 21 personel, Pos Melati Kelapa 21 personel dan Pos Pasar Tempilang 21 personil," kata dia.


Selain menerjunkan personel di beberapa titik pengamanan itu, kata dia, Polres setempat juga akan mengerahkan anggota ke lokasi-lokasi yang diperkirakan akan menjadi pusat konsentrasi massa.


Menurut dia, beberapa tempat konsentrasi itu biasanya terjadi pada saat perayaan Idul Fitri seperti tahun-tahun sebelumnya, seperti pelabuhan, pasar, masjid, tempat wisata dan lainnya.


"Kami juga akan siapkan personel untuk pengamanan malam takbiran, baik anggota berseragam maupun berpakaian sipil untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," kata dia.


Menurut dia, selama Hari Raya Idul Fitri tahun ini pihaknya tetap akan mengedepankan kegiatan yang preventif dan penegakan hukum.

"Pengamanan ini mengutamakan tindakan pencegahan yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan guna memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan prima kepada masyarakat," ujarnya.


Ia menambahkan, kepolisian untuk tahun ini tidak memberikan izin kepada seluruh jajarannya untuk mengambil cuti hari raya.


"Kalau tahun kemarin kami berikan cuti bagi staf, untuk tahun ini sesuai kebijakan Kapolri seluruh staf dan anggota tidak diizinkan, mereka wajib memberikan pelayanan prima kepada seluruh warga agar aman dan nyaman merayakan Idul Fitri," kata Kapolres.

Pewarta: pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013