Muntok (Antara Babel) - Sekitar 1.000 warga dari berbagai daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti kampanye Gemarikan atau Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan yang dilaksanakan di kawasan Pantai Baturakit Muntok Kabupaten Bangka Barat, Selasa.

"Melalui gerakan ini kami berharap konsumsi ikan masyarakat semakin meningkat sekaligus peduli dalam menjaga kelestarian laut," ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat Amir Hamzah di Muntok, Selasa.

Ia mengatakan safari Gemarikan dilaksanakan di Pantai Baturakit Muntok bersamaan dengan rangkaian kegiatan Hari Nusantara dan lomba masak serba ikan tingkat provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diikuti perwakian dari tujuh kabupaten/kota se-Babel.

Kegiatan itu bertujuan untuk mempromosikan sekaligus mengampanyekan minat konsumsi ikan kepada masyarakat, khususnya generasi muda.

"Pada acara itu kami mengudang peserta khusus dari sekolah-sekolah yang berada di sekitar lokasi untuk menambah wawasan para siswa terkait pentingnya mengonsumsi ikan setiap hari," katanya.

Ia menambahkan kampanye dilaksanakan dengan narasumber dari Dinas Kelautan dan Perikanan Babel dengan materi manfaat konsumsi ikan dilanjutkan beberapa permainan.

Pada rangkaian kegiatan itu, panitia juga menggelar berbagai lomba seperti lomba layang-layang bertema ikan, lomba masak serba ikan dan beberapa lomba lain yang diikuti masyarakat dan instansi di daerah itu.

"Panitia juga menyediakan kegiatan berupa pemanfaatan mobil alih teknologi dan informasi dengan melibatkan sebanyak 25 kelompok pengolah hasil perikanan di Muntok," kata dia.

Hadir pada kegiatan itu Gubernur Babel Rustam Effendi, Bupati Bangka Barat Parhan Ali, Wakil Bupati Markus, Kepala Bagian Politik dan Diplomasi Publik Kedutaan Besar Australia Bradley Amstrong, sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemprov babel dan Pemkab Bangka Barat.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016