Pasangan Calon Bupati Belitung dan Calon Wakil Bupati Belitung nomor urut 1, Djoni Alamsyah-Syamsir akan membentuk suatu badan khusus guna mengurusi persoalan pariwisata dan UMKM di daerah itu.

"Jika kami terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Belitung kami akan membentuk badan khusus yang mengurusi pariwisata dan UMKM," katanya dalam acara kampanye dialogis di Desa Dukong, Senin malam.

Menurut dia, hal ini dilakukan sebagai upaya percepatan pemulihan kondisi ekonomi dan pariwisata Belitung yang meredup dan melesu dalam beberapa waktu terakhir.

Ia mengatakan, selain itu, pasangan Djoni Alamsyah dan Syamsir juga akan mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat setempat pada 100 hari kerja.

"Kita tahu bahwasannya ekonomi Belitung dalam beberapa waktu terakhir melesu maka pangsa pasar itu harus direbut oleh pelaku UMKM, saya akan buatkan regulasi bagi pelaku UMKM lokal agar mereka mendapatkan pangsa pasar yang baik," ujarnya.

Djoni menambahkan, Belitung adalah daerah yang memiliki kekayaan dan potensi sumber daya alam yang menjanjikan bagi kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya, kata Djoni, adalah sektor perikanan yang belum tergarap maksimal dan optimal sampai sekarang ini.

"Harusnya ini menjadi sektor andalan dan bisa digenjot lagi," katanya.

Di samping itu, Belitung juga memiliki kekayaan di sektor pertanian seperti lada yang kini luas tanamnya berkurang sehingga berdampak terhadap penurunan produktivitas lada dalam beberapa tahun terakhir.

"Kami mencatat ada 13 persen lahan lada Belitung yang ditinggalkan oleh petani sehingga daerah adalah kehilangan produksi lada, sektor ini memang kurang mendapatkan perhatian ke depannya akan kita perhatikan tentunya dengan cara yang luar biasa," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Djoni, dirinya sudah memutuskan untuk keluar dari zona nyaman demi mendarmabaktikan dirinya kepada daerah dengan mencalonkan diri sebagai Bupati Belitung.

"Saya berpesan kepada bapak dan ibu jangan hanya pilih saya sebagai bupati namun tolong kawal saya sampai selesai dan ingatkan saya jika ada janji yang belum dipenuhi karena saya takut mempertanggungjawabkan di akhirat nanti," katanya. 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024