Pangkalpinang (Antara Babel) - Kontingen Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil meraih sebanyak 11 medali dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat yang dilaksanakan selama dua pekan, pada 17-29 September 2016.

"Selama dua pekan bertanding, kontingen Babel yang turun di 20 cabang olahraga berhasil meraih 11 medali dengan rincian satu medali emas, enam perak, dan empat perunggu," kata ketua kontingan PON Provinsi Bangka Belitung, Apik Rasjidi melalui pesan tertulis yang diterima di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, untuk medali emas disumbang oleh Suwandi dari cabang atletik di nomor lompat jauh putra. Sedangkan untuk medali perak, berhasil diraih dari cabang double 10 ball olahraga biliar, dan binaraga oleh Kuniawan.

Sedangkan atletik menyumbangkan dua perak melalui Asril di nomor lompat jauh putra dan Rana Junarto di cabang lempar martil.

"Cabang olahraga lainnya yang meraih medali perak yakni panjat tebing menyumbangkan dua medali melalui nomor tim lead panjat tebing putri dan speed record individual putri," katanya.

Sementara untuk raihan empat medali perunggu semuanya dari cabang atletik melalui  M Ardianto pada cabang lari 3000 meter halang rintang putra, Suwandi di nomor lompat jangkit putra, Rohimayati di nomor sapta lomba putri dan Tri Suhartomo di nomor lontar martil putra.

"Dari daftar klasemen akhir perolehan medali, dengan raihan sebanyak satu emas, enam perak dan empat perunggu itu, Babel menempati posisi 29. Posisi Babel lebih baik dari kontingen Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Bengkulu dan Sulawesi Barat," katanya.

Untuk posisi teratas raihan medali yang sekaligus keluar sebagai juara umum diraih kontingen Jawa Barat dengan perolehan medali 217 medali emas, 154 perak dan 158 perunggu.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016