Tiga unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2024-2029 resmi dilantik dalam rapat paripurna di Gedung DPRD setempat, Rabu (23/10).
 
Tiga unsur pimpinan definitif yang dilantik yakni Erwin Asmadi fraksi partai partai PDI Perjuangan sebagai ketua DPRD Bangka Selatan, Kamarudin fraksi partai Demokrat sebagai wakil ketua I DPRD Bangka Selatan, dan Rusi Sartono Fraksi Gerindra sebagai wakil ketua II DPRD Bangka Selatan.
 
Pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan tiga unsur pimpinan DPRD Bangka Selatan dipimpin langsung oleh ketua Pengadilan Negeri Sungailiat Melinda Aritonang.
 
Pengucapan sumpah janji jabatan pimpinan DPRD Bangka Selatan sesuai dengan keputusan Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 188.44/544/I/2024 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Bangka Selatan.
 
"Penentuan pimpinan DPRD ini sudah diatur dalam Undang-Undang. Pemenang nomor satu memiliki kursi yang terbanyak menjadi ketua DPRD, pemenang kedua dan ketiga wakil ketua DPRD," kata Erwin Asmadi.
 
Ia mengatakan, DPRD Bangka Selatan memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat besar dalam mewujudkan aspirasi rakyat dan memperjuangkan kepentingan rakyat Bangka Selatan.
 
"Kepercayaan ini adalah amanah yang harus kita jaga, dan wujudkan dengan kerja keras dan dedikasi yang tinggi terutama dalam mewujudkan aspirasi rakyat Bangka Selatan," ujarnya.
 
Menurut dia, tantangan yang dihadapi kabupaten Bangka Selatan sangat kompleks dan memerlukan solusi yang inovatif serta kolaborasi sebagai lembaga legislatif.
 
"DPRD memiliki peran yang sangat strategis dalam merumuskan kebijakan, mengawasi pelaksanaan program dan memastikan bahwa aspirasi masyarakat Bangka Selatan dapat terwujud dengan baik," ujarnya.
 
Erwin meyakini dengan kerja sama yang solid antara DPRD, Forkopimda, eksekutif dan seluruh elemen masyarakat dapat mencapai tujuan bersama demi kesejahteraan Bangka Selatan.
 
"Dalam lima tahun ke depan prioritas kami memastikan setiap kebijakan dan keputusan yang kita ambil berorientasi pada kepentingan rakyat dan mendorong pembangunan berkelanjutan," ujarnya.
 
Ia mengajak seluruh anggota DPRD untuk bersama-sama menjalankan tugas dengan semangat gotong royong dan kolaborasi yang baik untuk memastikan setiap kegiatan dan program yang diusulkan menjawab kebutuhan dan harapan masyarakat Bangka Selatan.
 
"Kami berharap kita semua dapat bekerja dengan penuh semangat dan dedikasi untuk mewujudkan Bangka Selatan lebih maju dan sejahtera bersama-sama menjalankan amanah rakyat dengan rasa tanggung jawab," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024