Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melibatkan sejumlah akademisi dari berbagai perguruan tinggi dan pegiat budaya untuk menyiapkan materi debat publik calon bupati-wakil bupati peserta Pilkada 2024.

"Dalam debat publik yang digelar malam ini, kita sengaja melibatkan sejumlah akademisi untuk menyiapkan bahan atau perumus, panelis dan moderator agar materi yang disampaikan bisa sesuai tema, dan visi, misi serta perencanaan yang disiapkan para calon kepala daerah benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan rencana pembangunan daerah," kata Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Henny Apriana di Mentok, Jumat.

Selain melibatkan para akademisi, KPU juga melibatkan pemerhati budaya dan praktisi untuk menyiapkan rumusan materi yang akan disajikan dalam debat publik yang akan dilaksanakan di Graha Aparatur Kompleks Perkantoran Pemkab Bangka Barat di Mentok tersebut.

"Debat kali ini mengusung tema penguatan pondasi ekonomi-sosial daerah dalam memajukan Bangka Barat berdaya saing dan berkesinambungan," katanya.

Pada acara itu, kata dia, moderator akan dipercayakan kepada Dr. Dwi Haryadi (Dosen Hukum Universitas Bangka Belitung/UBB) dan pemandu acara Dr. Fitri Ramdani Harahap (Dosen Sosiologi UBB).

Sedangkan tim perumus ada tiga orang, yaitu Dr Iskandar M.Hum (Dosen IAIN S), Ranto (Dosen FISIP UBB) dan Edi Irawan, S.SI, ME (Aparatur Sipil Negara pada Bappeda Kabupaten Bangka Barat).

"Untuk panelis kita siapkan lima orang, masing-masing Dr. Darul Arkom (Rektor Institut Pahlawan 12 Babel, Dr. Nizwan Zukhri, SE, MM (Kepala LPMPP UBB), niversitas Bangka Belitung), Ahmad Yani Hazir, SE, MS.i Ph.D (ASN Sekretariat Daerah Provinsi Babel), Bambang Haryo Suseno (pemerhati budaya) dan dr. Kamalia Layal, M.Biomed (Sekretaris Jurusan Kedokteran FKIK UBB).

Untuk mendukung kelancaran acara, KPU Bangka Barat sudah menyiapkan tata tertib debat yang wajib dipatuhi para peserta dan tim pendukung.

"Tata tertib di dalam gedung maupun di luar gedung tempat acara sudah kami sampaikan kepada seluruh tim peaerta pilkada, kami berharap mereka mematuhi aturan tersebut agar acara berjalan dengan tertib aman dan lancar," katanya.

KPU mengajak masyarakat menyimak acara debat melalui media elektronik yang telah ditunjuk sebagai mitra KPU Bangka Barat, atau bisa melalui akun Facebook KPU Bangka Barat.

Panitia juga menyiarkan langsung melalui TVRI, RRI dan beberapa radio swasta lokal.

Pilkada 2024 di Kabupaten Bangka Barat diikuti tiga pasangan calon bupati-wakil bupati, yaitu nomor urut 1 Sukirman-Bong Ming Ming, nomor urut 2 Markus-Yus Derahman dan nomor urut 3 Mansah-Dwi Aryani.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024