Sebuah unggahan di Facebook menampilkan tangkapan layar yang menarasikan masyarakat indonesia marah besar karena percakapan rahasia dari Presiden ketujuh Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bocor ke publik.

Dalam tangkapan layar itu, terlihat logo dari media massa Detik.com serta dilengkapi tautan di bawahnya. Dalam artikel itu juga dilengkapi foto seorang pria yang diborgol dan dikawal dua polisi.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Joko Widodo tidak menyadari bahwa kamera masih merekam dan mengatakan sesuatu yang tidak boleh didengar oleh penonton...

MASYARAKAT INDONESIA MARAH BESAR!

Joko Widodo tidak menyadari bahwa kamera masih merekam, dan dia mengatakan sesuatu yang seharusnya tidak didengar oleh publik.”

Namun, benarkah artikel Detik menarasikan percakapan rahasia Jokowi bocor ke publik?
 
Unggahan yang menarasikan artikel Detik menarasikan percakapan rahasia Jokowi bocor ke publik. Faktanya, tidak ada artikel Detik dengan judul seperti di tangkapan layar. (Facebook)

Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, tidak ada artikel Detik.com yang berjudul seperti tangkapan layar dalam unggahan tersebut. Tautan yang terdapat dalam unggahan mengarahkan ke laman Detik food yang berjudul “Keren! Wanita Ini Hadirkan Atraksi Lempar Adonan Saat Jualan Pizza”.

Kemudian, ANTARA juga menggunakan Hive Moderation AI Generator untuk mendeteksi foto dalam tangkapan layar tersebut. Hasilnya, foto tersebut terdeteksi 98,7 persen merupakan hasil Artificial Intelligence (AI).
 
Tangkapan layar hasil foto dalam unggahan tersebut 98,7 persen merupakan hasil AI. (Hive Moderation)


Dengan demikian, artikel yang mengutip nama media serta menarasikan percakapan rahasia Jokowi bocor ke publik merupakan hoaks.

Klaim: Artikel Detik menarasikan percakapan rahasia Jokowi bocor ke publik

Rating: Hoaks

Pewarta: Tim JACX

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024