Muntok (Antara Babel) - Direktur PT Citra Dimensi Arthali Eddy Surya menyatakan kesiapannya untuk berinvestasi dan membantu mengembangkan sektor perikanan dan kelautan di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Sudah beberapa kali kami mendapatkan informasi potensi kelautan di Bangka Barat, namun baru kali ini kami mendapatkan gambaran yang lebih jelas dari Pemkab setempat," katanya di sela kunjungannya ke Muntok, Jumat.

Setelah mendapatkan gambaran dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat, pihaknya cukup tertarik untuk segera meralisasikan kerja sama dalam sektor perikanan di ujung barat Pulau Bangka tersebut.

"Komitmen kepala daerah dalam menjalin kerja sama ini juga memberikan keyakinan kepada kami untuk dapat  merealisasikan rencana tersebut," kata dia.

Eddy Surya berkunjung ke Kabupaten Bangka Barat bersama Dirrektur Utama PD Darmajaya Marina untuk mendapatkan informasi secara lebih luas sekaligus meninjau langsung potensi kelautan dan perikanan di daerah itu.

"Hari ini baru tahap awal, kami harus mempelajari lebih jauh potensi dan peluang sektor perikanan yang bisa dikembangkan, karena kerja sama diharapkan untuk jangka panjang," kata dia.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat, Amir Hamzah menyambut baik rencana kerja sama tersebut yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir di daerah itu.

"Potensi kelautan dan budi daya perikanan cukup terbuka karena daerah ini merupakan daerah kepulauan yang 85 persen luas wilayahnya berupa lautan," kata dia.

Ia menerangkan, Bangka Barat memiliki luas wilayah daratan sekitar 2.820 kilometer persegi dengan luas perairan 172.355 hektare dan panjang garis pantai 278,75 kilometer.

Kondisi geografis cukup mendukung untuk mengembangkan sektor kelautan dan perikanan karena diperkirakan terdapat sekitar 51.290 hektare areal laut yang berpotensi untuk pengembangan budi daya yang tersebar di enam kecamatan.

"Potensi masih cukup terbuka lebar, baik dalam investasi tangkap, budi daya maupun pengolahan, kami berharap melalui pertemuan ini bisa berlanjut dengan realisasi kerja sama," kata dia.

Ia optimistis rencana tersebut akan bisa segera direalisasikan dan diyakini akan membawa dampak positif bagi masyarakat, investor dan pemerintah dua belah pihak.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016