Pangkalpinang (Antara Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi meminta pegawai negeri sipil (PNS) meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja dan tidak melakukan pungutan liar (pungli).

"Saya ingatkan para pegawai untuk tidak berfikir mencari pekerjaan di luar pemerintahan, apalagi sampai melakukan pungli," kata Rustam Effendi di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan saat ini pemerintah sudah ketat dalam melakukan pengawasan. Tidak hanya Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), pihak kejaksaan dan Polri juga bergerak memberantas pungli.

"Para pegawai harus menjaga posisi sebagai abdi negara. Jangan sampai hal yang tidak diinginkan terjadi karena yang rugi bukan diri sendiri, tetapi juga nama baik pemerintah dan institusi," ujarnya.

Menurut dia apabila PNS bekerja optimal dan disiplin, akan lebih mudah bagi kepala daerah meningkatkan tunjangan sehingga birokrasi pemerintah juga berjalan dengan baik.

"Sudah menjadi tugas pegawai menjalankan birokrasi. Tunjangan pegawai akan tetap dinaikkan asal pegawai tak berfikir mencari kegiatan di luar," ujarnya.

Ia berharap para pegawai juga tidak terlibat politik agar birokrasi pemerintah berjalan optimal meski kepala daerahnya cuti selama masa pilkada.

"Saya berharap PNS menjaga posisi sebagai abdi negara yang netral dan jangan melakukan sosialisasi politik, karena tugas pegawai hanyalah menjalankan birokrasi," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016