Koba (Antara Babel) - Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperketat pengamanan di TPS yang dianggap rawan terjadi konflik.

"Dari 278 TPS untuk pilgub, tercatat lima TPS tergolong rawan dan pengaman lebih diperketat di TPS ini," kata Kabag Ops Polres Bangka Tengah, Kompol Nursamsu di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, lima TPS yang dianggap rawan tersebut adalah satu TPS di Kecamatan Koba, satu TPS di Kecamatan Lubuk Besar dan tiga TPS di Kecamatan Sungaiselan.

"Kami sudah menginstruksikan kepada anggota nanti lebih diperketat pengamanan di lima TPS rawan ini," ujarnya.

Ia menyatakan, lima TPS rawan itu rata-rata berada di daerah perbatasan dan pulau yang jauh dari akses komunikasi dan transportasi.

"Kami mengantisipasi kemungkinan terjadinya konflik horizontal yang dapat mengganggu kondusifitas pilgub pada Februari 2017," ujarnya.

Ia mengatakan, Polres Bangka Tengah sudah mempersiapkan personel yang akan diterjunkan untuk mengamankan pesta demokrasi tersebut.

"Ratusan personel gabungan sudah kami siapkan, termasuk peralatan pendukung. Kami siap mengamankan pilgub mulai dari awal hingga ditetapkan calon yang menang," ujarnya.

Ia juga mengingatkan kepada anggota polisi tetap menjaga netralitas dan tidak terlibat politil praktis dengan berpihak kepada salah satu pasangan calon.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016