Sungailiat, Bangka, (ANTARA Babel) - Nilai investasi Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Januari hingga November 2012 mencapai Rp55,155 miliar.  

"Nilai investasi di Bangka mengalami kemajuan yang sangat signifikan, karena upaya dan kerja keras yang dilakukan pemerintah daerah dalam menggaet investor untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu," ujar Kepala Badan Penanaman Modal Kabupaten Bangka, Padli di Sungailiat, Kamis.

Ia mengatakan, sebagian besar investasi di Bangka bergerak di bidang perkebunan, dan pariwisata dan diperkirakan nilai investasi tersebut sampai akhir 2012 terus mengalami peningkatan.

Secara umum investasi tersebut sudah sangat membantu perkembangan perekonomian masyarakat Bangka, investasi pada kedua sektor tersebut sudah merekrut tenaga kerja lokal atau masyarakat setempat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Melihat perkembangan saat ini, bisa dikatakan masyarakat sangat diuntungkan dengan adanya investor karena mereka semua memiliki pekerjaan tetap," ujarnya.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga berharap masyarakat yang sudah memiliki pekerjaan tetap tersebut bisa mengembangkan kondisi perekonomiannya dengan tidak terlalu bergantung pada pekerjaan di investor tersebut.

Menurut Padli, masyarakat harus punya inisiatif untuk mengembangkan usaha dan tidak terlalu bergantung sebagai buruh di perkebunan.

"Masyarakat harus bisa menyimpan hasil jerih payahnya untuk membangun usaha sendiri," ujarnya.

Sementara itu, ke depannya pemerintah daerah terus berupaya untuk mempromosikan Kabupaten Bangka kepada masyarakat luas hingga ke manca negara untuk menggaet investor yang lebih banyak.

Semakin banyaknya ada investor yang menanam modal di Bangka akan semakin terbuka peluang daerah menjadi maju, sehingga tingkat perekonomian masyarakat akan terus meningkat. (T.KR-WRA)

Pewarta:

Editor : Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2012