Muntok (Antara Babel) - Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Pemerintah Desa Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauuan Bangkka Belitung melaksanakan tahapan pelipatan surat suara yang akan digunakan pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 1 November 2016.

"Kami libatkan puluhan petugas untuk melipat surat suara di bawah pengawasan petugas panitia pemilihan dan personel Kepolisian Resor Bangka Barat," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Pemerintah Desa (BPMPPD) Kabupaten Bangka Barat, Sidarta Gautama di Muntok, Jumat.

Ia mengatakan, pelipatan surat suara pilkades serentak dilaksanakan di satu lokasi untuk memudahkan pengawasan sekaligus mengantisipasi kemungkinan surat suara disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Semua pelipatan surat suara dilaksanakan di salah satu rumah dinas di kompleks Pemkab Bangka Barat dengan melibatkan petugas yang dapat dipercaya," katanya.

Menurut dia, proses pelipatan surat suara yang dimulai hari ini ditargetkan selesai Sabtu (29/10).

Pada tahapan kali ini pihaknya juga melibatkan petugas dari Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat yang selama ini sering melaksanakan tugas tersebut.

"Setelah proses pelipatan selesai, surat suara akan kami distribusikan ke 33 desa yang melaksanakan Pilkades, selanjutnya surat suara didistribusikan ke masing-masing TPS pada hari pelaksanaan pemungutan suara," kata dia.

Kapolres Bangka Barat AKPB Hendro Kusmayadi mengatakan sampai saat ini pihaknya sudah siap melaksanakan seluruh tahapan Pilkades 2016 dengan melibatkan sebanyak 166 personel yang akan disebar di seluruh 145 TPS di desa pelaksana.

"Satu polisi amankan satu TPS. Kami berharap pola ini bisa mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan," kata dia.

Meskipun berbagai antisipasi sudah disiapkan, namun Kapolres tetap berharap warga berperan aktif dalam menciptakan situasi aman, nyaman, tertib dan kondusif di lingkungan masing-masing agar proses demokrasi berjalan sesuai harapan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016