Jakarta (Antara Babel) - Wakil Presiden Jusuf Kalla memerintahkan Pangdam Jaya Mayjen Teddy Lhaksamana dan Kapolda Metro Jaya Irjen Mochammad Iriawan untuk mengamankan demonstrasi 4 November tanpa letusan senjata.

Wapres menyampaikan perintah tersebut saat meninjau langsung aksi unjuk rasa dari halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat.

Wapres memantau aksi demonstrasi damai ribuan orang tersebut melalui televisi di ruang kerjanya di kantor Wapres di Jalan Medan Merdeka Utara.

Tidak lama kemudian Wapres keluar dari ruang kerjanya dan menuju halaman Istana Merdeka untuk melihat langsung para pengunjuk rasa.

Massa pengunjuk rasa berjarak sekitar 100 meter dari Istana Merdeka dibatasi barikade pagar kawat duri dan dijaga ketat aparat keamanan.

Selain Wapres, sejumlah pejabat negara antara lain Menko Polhukam Wiranto, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, memantau keadaan terkini unjuk rasa dari halaman depan Istana Merdeka.

Massa pengunjuk rasa terus berdatangan dan berkumul di Jalan Medan Merdeka Barat setelah melakukan Shalat Jumat di Masjid Istiqlal dan sejumlah titik lainnya
   
Petugas keamanan yang terdiri atas aparat gabungan TNI, Polri terlihat berjaga di Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta.

Para pengunjuk rasa Gerakan Nasional Pembela Fatwa MUI menuntut  pemerintah agar menegakkan hukum dalam kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochammad Iriawan meminta agar unjuk rasa berakhir tertib pada pukul 18.00 WIB. Presiden Jokowi sebelumnya juga meminta agar unjuk rasa berjalan aman dan tertib.

Pewarta: Desi Purnamawati

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016