Yogyakarta (Antara Babel) - Anak penting memiliki keterampilan sosial karena akan mudah diterima oleh siapapun di lingkungannya dan mampu menyelesaikan masalah dengan orang lain, kata psikolog Anna Surti Ariani.

"Dengan memiliki keterampilan sosial, anak dapat mengasah berbagai keterampilan hidup yang lain, membantu mengurangi kesulitan di sekolah, dan membuat anak lebih semangat bersekolah sehingga prestasinya lebih optimal," katanya di Yogyakarta, Minggu.

Pada kampanye SGM Eksplor "Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya", Anna mengatakan secara keseluruhan anak mampu menikmati hidupnya dan merasa lebih bahagia.

Menurut dia, anak yang sehat merupakan landasan utama seorang anak bisa memiliki keterampilan sosial yang baik.

"Dengan tubuh yang sehat karena kecukupan nutrisi yang baik, anak lebih tahan menghadapi stres, lebih mampu meregulasi emosinya, lebih leluasa mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya, dan menjadi anak yang supel di kemudian hari," katanya.

Dokter spesialis gizi klinik Dian Permatasari mengatakan dalam masa tumbuh kembang anak terdapat lima hal yang penting dan harus selaras untuk selalu diperhatikan para orang tua.

"Lima hal itu adalah aspek fisik, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, emosi, dan keterampilan sosial," katanya.

Menurut dia, keterampilan sosial penting bagi anak karena dengan memiliki keterampilan sosial, anak mampu bekerja sama dengan orang lain di masa tumbuh kembangnya dan memiliki rasa percaya diri sehingga mampu menempatkan dirinya pada lingkungan yang tepat.

Keterampilan sosial memiliki kaitan erat dengan pemenuhan nutrisi yang tepat dan lengkap karena status nutrisi memiliki hubungan dengan perkembangan sosio-emosional anak dalam masa tumbuh kembang.

"Anak yang terlengkapi nutrisinya akan menjadi anak yang sehat dan mampu beraktivitas dengan baik dan berpotensi untuk memiliki keterampilan sosial lebih baik dibanding anak yang nutrisinya tidak tercukupi," katanya.

Senior Brand Manager SGM Eksplor Astrid Prasetyo mengatakan sebagai produk susu pertumbuhan yang mendukung pemenuhan nutrisi anak Indonesia, SGM Eksplor meluncurkan kampanye terbarunya "Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya".

"Kami meluncurkan kampanye itu sebagai salah satu bentuk dukungan kepada para ibunda di seluruh Indonesia untuk bisa memberikan produk susu pertumbuhan yang bernutrisi baik sehingga membantu mendukung anak untuk tumbuh optimal dan mampu memiliki keterampilan sosial yang baik pula," katanya.

Selain di Yogyakarta, kampanye itu juga telah dilakukan di Surabaya Kegiatan itu juga akan dihadirkan dalam rangkaian acara "Dunia Sahabat Anak SGM Eksplor" di pusat perbelanjaan di tiga kota besar yaitu Medan (25-27 November 2016), Jakarta (2-4 Desember 2016), dan Makassar (27-29 Januari 2017).

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016