Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) bekerja sama dalam pembentukan katalog elektronik daerah.

Plt Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Yuswandi A Temenggung di Pangkalpinang, Jumat, mengatakan pembentukan katalog elektronik daerah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dalam sistem pengadaan barang/jasa dengan strategi pengadaan yang lebih transparan, mudah dan cepat.

"Dengan kerja sama ini alokasi penganggaran publik akan semakin baik. Untuk itu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan segera menerapkan katalog elektronik daerah ini," katanya.

Ia berharap LKPP dan tim teknis nantinya dapat melakukan pendampingan dalam penerapan katalog elektronik daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Katalog elektronik daerah ini nantinya akan dikelola oleh Biro Layanan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sebagai Satuan Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada awal Januari tahun depan," ujarnya.

Selain itu dia juga berharap katalog elektronik daerah ini nantinya dapat diterapkan di kabupaten/kota.

"Saya punya keyakinan yang tinggi di tingkat provinsi dan tujuh kabupaten/kota semuanya akan ikut menggunakan katalog elektronik daerah ini," ujarnya.

Sementara Kepala LKPP, Agus Prabowo mengatakan kerja sama tersebut merupakan tonggak baru dalam pemanfaatan e-katalog. Sebelumnya pengadaan barang dan jasa melalui lelang sekarang menggunakan teknologi informasi e-katalog dalam satu program e-purchasing.

"Barang atau jasa yang ada di pasar kita pindahkan saja sistemnya dimasukkan ke dalam e-katalog dan aplikasinya e-pruchasing," ujarnya.

Menurut dia e-katalog membuat pengadaan barang dan jasa lebih efisien.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016