Sungailiat (Antara Babel) -  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Teddy Sudarsono, mengajak masyarakat untuk turut dalam menjaga kebersihan lingkungan wisata agar tetap rapi dan indah.

"Objek wisata yang indah dan menawan jika kebersihannya tidak terjaga dengan baik tidak akan disukai wisatawan," katanya di Sungailiat, Selasa.

Ia mengatakan kebersihan merupakan salah satu pemikat bagi calon wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata.

Apabila kebersihannya terjaga maka pengunjung akan ramai dan betah berlama-lama di kawasan itu.

"Maka dari itu dukungan penuh dari masyarakat sangat diharapkan agar kawasan wisata kita selalu ramai dikunjungi wisatawan dan pada akhirnya juga akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar," katanya.

Disbudpar disebutnya sudah berupaya menjaga kebersihan pantai dan objek wisata dengan menugaskan sejumlah tenaga kebersihan pada objek-objek wisata yang sudah terkenal dan menjadi andalan kabupaten itu.

"Mengandalkan petugas kebersihan juga tidak cukup tanpa dibarengi dengan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan objek wisata tersebut," katanya.

Ia menyebutkan untuk membuat para pengunjung merasa nyaman berada di kawasan wisata maka kebersihan harus selalu dijaga.

"Apabila kawasan wisata kita tidak sedap dipandang dengan sampah yang berserakan maka dapat dipastikan pengunjung akan terganggu atau merasa tidak nyaman," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016