Muntok (Antara Babel) - Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bruri Rusyadi, menyatakan rencana pembangunan dan pengaspalan jalan di sepanjang pinggir pantai Batu Rakit Muntok akan direalisasikan pada 2014.


"Pembangunan jalan yang diharapkan mampu menunjang sektor pariwisata di Kabupaten Bangka Barat, khususnya Kota Muntok itu, akan kami upayakan untuk direalisasikan langsung oleh Pemerintah Provinsi, bukan melalui dana perbantuan," ujar Bruri di Muntok, Kamis.


Ia menjelaskan, kondisi jalan yang baru dibuka akhir 2012 tersebut saat ini kondisinya masih berupa tanah merah dan seperti jalan perkebunan yang kurang mendukung objek wisata Pantai Batu Rakit, Muntok.


Menurut dia, jalan yang berada tepat di pinggir sepanjang Pantai Batu Rakit itu diharapkan ke depan bisa menjadi salah satu lokasi pusat wisata daerah dan mampu mendukung wisata sejarah yang ada di Kota Muntok.


"Dengan adanya pengaspalan jalan itu, kami yakin kepariwisataan daerah akan terus meningkat karena lokasinya cukup stategis, tidak jauh dari pusat Kota Muntok dan berada persis di sebelah Pelabuhan Tanjung Kalian," katanya.


Ia menambahkan, dirnya sebagai legislator perwakilan dari Kabupaten Bangka Barat secara politis akan terus memperjuangkan dan mengawal agar pemprov bisa memenuhi infrastruktur pendukung wisata di lokasi tersebut.


Dengan adanya jalan yang bagus, ia yakin ke depan akan banyak investor yang bersedia turut membangun objek wisata di Pantai Batu Rakit.


"Ini merupkan upaya serius dari kami untuk menyiapkan ekonomi pascatimah. Pariwisata merupakan salah satu sektor yang bisa diandalkan karena Bangka Barat, khususnya Muntok, sudah ditetapkan sebagai Kota Pusaka dengan potensi sejarah dan budayanya," kata dia.


Wisata sejarah yang ada, kata dia, tidak akan cepat berkembang jika tidk diiringi wisata pendukung lainnya, seperti wisata alam, kuliner, cindera mata dan lainnya.


"Untuk rencana pembangunan pengaspalan jalan di sepanjang tepi Pantai Batu Rakit, kami sudah melakukan survei bersama Dinas PU Provinsi Babel dan DPU Bangka Barat untuk melakukan pengukuran sepanjang jalan dan jumlah jembatan yang akan dibangun, kemarin," kata dia.


Menurut dia, pengecekan langsung ke lapangan itu dimaksudkan untuk mengetahui anggaran yang dibutuhkan dalam merealisasikan proyek tersebut guna diusulkan pada APBD Provinsi Babel 2014.


"Dalam pembahasan anggaran di DPRD Provinsi Babel kami akan kawal, dengan harapkan bisa dikerjakan langsung oleh pemprov," ujarnya.


Ia menyebutkan, pada tahun lalu pembukaan jalan yang ada sekarang sudah dianggarakan melalui dana perbantuan yang direncanakan untuk membuka, pengerasan sekaligus pengaspalan jalan tersebut, namun pada kenyataannya anggaran itu dipecah oleh pemkab setempat untuk meningkatkan infrastruktur di Bukit Menumbing.


"Berdasarkan pengalaman itu, maka pengaspalan jalan Pantai Batu Rakit akan kami usulkan tetap dikerjakan oleh DPU Provinsi agar daerah itu dapat segera lebih layak menerima pengunjung, baik wisatwan lokal maupun luar daerah," kata Politisi PDI Perjuangan itu.

Pewarta: pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013