Muntok (Antara  Babel) - Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, masih menunggu pencairan anggaran dari pemerintah daerah setempat untuk membiayai pembinaan atlet secara berkelanjutan.


"Anggaran sebesar Rp1,05 miliar untuk pembinaan atlet dan operasional selama setahun, namun sampai saat ini belum cair. Kami harapkan pemkab segera menggelontorkan dananya untuk kemajuan olahraga daerah," kata Ketua KONI Kabupaten Bangka Barat Arlan Rasyid di Muntok.


Ia menjelaskan, selama ini masing-masing pengurus cabang  melakukan pembinaan dan latihan rutin dengan biaya swadaya dengan mengharapkan bantuan berbagai pihak.


Kondisi seperti itu, menurut dia, kurang mendukung untuk memaksimalkan potensi atlet yang berdampak pada prestasi atlet itu sendiri.


"Kami mengharapkan anggaran itu segera cair untuk menyemangati para pelaku olahraga daerah yang selama ini merasa kurang diperhatikan dan berjuang sendirian meningkatkan atlet daerah," kata dia.


Ia menambahkan, pembinaan atlet yang saat ini sedang dilakukan para pengurus olahraga adalah persiapan menjelang Pekan Olahraga tingkat Kabupaten, akhir Oktober 2013.


"Sebanyak 17 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam POR Provinsi Babel 2014, sembilan diantaranya akan kami seleksi melalui POR Kabupaten tahun ini," kata dia.


Dari kegiatan itu pihaknya akan menjaring atlet-atlet yang potensial untuk mendulang prestasi di POR Provinsi Babel 2014 yang akan digelar di Belitung Timur pada September tahun depan.


"Jadi yang lolos seleksi melalui POR tingkat kabupaten akan kami bina secara berkelanjutan dan lebih intensif agar prestasi mereka terus meningkat dan mampu meraih hasil maksimal di POR Provinsi Babel 2014," katanya.


Ia mengatakan, dalam proses pembinaan selama setahun hingga pemberangkatan atlet mengikuti berbagai uji coba memerlukan biaya cukup besar.


Dengan target meraih posisi empat dari tujuh peserta di POR Provinsi, katanya, tanpa dukungan anggaran yang kuat, prestasi itu akan sulit diraih.


"Kami harapkan target posisi empat dengan raihan 22 emas dalam gelaran kegiatan itu bisa tercapai, meskipun dengan persiapan yang kurang memadai seperti saat ini," katanya.


Ia mengharapkan, anggaran itu bisa cepat cair untuk membantu kinerja pengurus cabang olahraga meningkatkan prestasi atlet binaannya dan peningkatan posisi dalam POR Provinsi 2014 juga meningkat dibanding tahun 2010 dimana Bangka Barat menduduki posisi lima dari tujuh peserta, dengan raihan 17 medali emas.

Pewarta: pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013