Pangkalpinang (Antara Babel) - Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Edison Taher mengatakan, kompetensi guru-guru yang ada di kota itu memiliki nilai tertinggi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Guru-guru di Pangkalpinang sekarang memiliki kompetensi yang baik, malahan mereka dikatagorikan memiliki kompetensi terbaik jika di bandingkan dengan kabupaten lainnya yang ada Bangka Belitung," katanya di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan, kalau secara nasional nilai rata-rata kompetensi guru Pangkalpinang masih 56. Sedangkan untuk di Bangka Belitung dari rata-rata 59, nilai kompetensi guru Pangkalpinang sebesar 60,28.

Walaupun nilai kompetensi guru Pangkalpinang sudah 60,28, namun kementerian akan melakukan penguatan dan akan meningkatkan lagi standar kompetensi guru ini. "Untuk 2016, standar kompetensi guru akan dinaikan menjadi 65, berarti guru kita ini harus terus belajar untuk meningkatkan kompetensi," ujarnya.

Dikatakannya, dengan standar nilai kompetensi pada 2016, yakni 65, maka sedikit sekali guru di Pangkalpinang yang memasuki standar minimal untuk kompetensi tersebut.

"Untuk itu kami akan terus melakukan penguatan termasuk anggaran di APBD untuk peningkatan kompetensi guru, walaupun kompetensi yang dinilai cuma dua, yakni kompetensi pedagogik dan profesional," katanya.

Ia mengatakan, selain guru-guru yang mendapatkan predikat tertinggi dari segi kompetensi, nilai Ujian nasional maupun ujian sekolah di tingkat Sekolah Dasar juga paling tinggi di Bangka Belitung.

"Sedangkan untuk SMK dua tahun terakhir sudah berada di atas rata rata nasional, sementara itu untuk SMP kita sedikit berada di bawah rata-rata nasional, namun grafiknya naik terus dari tahun ke tahun," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017