Pangkalpinang (Antara Babel) - Pasangan Nomor Urut 2 Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi-Muhammad Irwansyah dalam debat publik berjanji  mengoptimalkan potensi pulau-pulau kecil untuk menggerakan perekonomian daerah.

"Potensi pulau-pulau kecil yang banyak terdapat di Babel harus dioptimalkan untuk menggerakkan perekonomian daerah," kata Cagub Kepulauan Babel Nomor Urut 2, Rustam Effendi saat menyampaikan visi misi pada debat publik Pilkada 2017 di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menerangkan, pihaknya akan membuat peraturan daerah (perda) untuk menata pemanfaatan pulau-pulau kecil yang telah disesuaikan dengan potensi yang dimiliki.

"Penataan tersebut akan didukung dengan penetapan zonasi wilayah pertambangan, perikanan, dan pariwisata di pulau-pulau kecil tersebut," katanya.

Menurut dia, pihaknya juga memiliki misi untuk melakukan proses pembangunan bidang maritim yang berbasis ekonomi lokal dengan mengutamakan kelestarian lingkungan.

"Selama ini kemajuan daerah khususnya sektor pariwisata telah melahirkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang berkembang pesat dengan mendapatkan kemudahan pembangunan infrastruktur dan perizinan dari pemerintah pusat," ungkapnya.

Cawagub Babel Nomor Urut 2, Muhammad Irwansyah mengatakan, perlu sinergitas antarberbagai pihak untuk mengelola semua potensi yang dimiliki sehingga dapat digunakan sepenuhnya untuk menyejahterakan masyarakat.

"Apabila terpilih dalam Pilkada 2017, kami akan bersinergi dengan masing-masing satuan kerja untuk turun langsung ke lapangan untuk mengetahui potensi dan kondisi wilayah Babel yang sebenarnya," katanya. 

Pewarta: Mahendra

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017