Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mensiagakan 3.317 anggota Pelindung Masyarakat (Linmas), untuk membantu kepolisian dalam mengamankan penyelenggaraan Pilkada serentak pada 15 Februari 2017.

"Seluruh anggota Linmas disiagakan di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di kabupaten/kota," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Babel M Tarmin di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan sebanyak 3.317 anggota Linmas yang disiagakan tersebar di kabupaten/kota dengan rincian Kabupaten Bangka 1.158 orang, Bangka Tengah 420 orang, Bangka Barat 627 orang, Bangka Selatan 288 orang.

Selanjutnya anggota Linmas di Kabupaten Belitung Timur sebanyak 322 orang, Belitung 90 orang dan Kota Pangkalpinang sebanyak 12 orang.

"Saat ini sebagian anggota Linmas yang ada di 308 desa dan 77 kelurahan sudah mulai disiagakan, sebagai antisipasi dan mendeteksi dini konflik masyarakat menjelang pesta demokrasi ini," ujarnya.

Menurut dia kondisi selama tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun ini masih kondusif, aman dan berjalan dengan lancar.

"Meski kondisi selama masa kampanye Pilgub ini kondusif, namun kami terus berupaya agar pelaksanaan pesta demokrasi berjalan dengan baik," ujarnya.

Ia berharap masyarakat untuk tidak terpancing dengan isu-isu politik tidak jelas yang akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

"Alhamdulillah saat ini pendidikan politik masyarakat sudah cukup baik dan mereka tidak mudah terpancing dengan isu-isu politik yang akan meresahkan masyarakat," ujarnya.


Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2017